Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Wednesday 7 August 2019

Manifestasi Klinis Ablasio Retina

Blog Dokter Sobri

Manifestasi Klinis Ablasio Retina

 Dalam praktik klinis, secara umum manifestasi dari retinopati diabetik dapat dilihat berdasarkan pemeriksaan fundus dan terbagi menjadi beberapa kategori;
1.      Retinopati Diabetik Dasar yang ditandai dengan adanya mikroaneurisma, perdarahan dot and blot, dan adanya eksudat. Ini merupakan tanda awal dari retinopati diabetic dan terus ada hingga lesi yang lebih lanjut muncul.
2.      Makulopati Diabetik merujuk pada kondisi retinopati apapun yang terjadi pada macula. Namun biasanya istilah ini digunakan untuk perubahan yang signifikan pada macula seperti edema dan iskemi yang mengancam penglihatan.
3.      Retinopati Diabetik Pre-Proliferatif ditandai dengan adanya cotton wool spots, perubahan vena, anomali mikrovaskular intraretinal, dan perdarahan retina dalam. Kategori ini menunjukkan iskemi retina yang progresif dan dapat berkembang menjadi neovaskularisai retina.
4.      Retinopati Diabetik Proliferatif ditandai dengan neovaskularisasi dalam diameter diskus maupun di tempat lain pada fundus.
Penyakit Mata Diabetik Lanjut ditandai dengan tractional retinal detachment, perdarahan vitreus persisten signifikan, dan glaucoma neovascular.

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih