Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 25 November 2019

Patofisiologi PPOK

Blog Dokter Sobri

Patofisiologi PPOK

Patofisiologi PPOK didasari dari dua mekanisme utama, yaitu adanya penyempitan dari saluran napas kecil dan kerusakan parenkim akibat emfisema.
      Keterbatasan aliran udara & air trapping
Penurunan FEV1 dan FEV1/FVC berkaitan dengan tingkat peradangan, fibrosis, dan eksudat pada saluran napas kecil, yang menyebabkan adanya gejala obstruksi pada PPOK sehingga udara terperangkap dan mengalami hiperinflasi. Kondisi hiperinflasi dapat mengurangi kapasitas inspirasi sehingga terjadi sesak dan keterbatasan aktivitas fisik. 
      Mekanisme pertukaran gas
Pada pasien PPOK, pertukaran gas memburuk sehingga terjadi ketidakseimbangan ventilasi-perfusi, yang menyebabkan terjadinya hipoksemia dan hiperkapnea.
·         Hipersekresi lendir
Hipersekresi lendir merupakan gambaran dari bronkitis kronik, yang bermanifestasi batuk produktif kronik. Pada pasien PPOK, terjadi metaplasia mukosa akibat adanya iritasi kronis saluran napas.
·         Hipertensi paru
Hipertensi paru terjadi akibat hipoksia arteri kecil yang menyebabkan vasokonstriksi, sehingga terjadi perubahan struktural yang meliputi hiperplasia intima dan hipertrofi otot polos.
·         Efek sistemik
Pasien PPOK dapat memberikan gambaran sistemik. Kaheksia umum terjadi pada pasien PPOK, disebabkan peningkatan apoptosis otot rangka. Selain itu, sering ditemukan peningkatan proses osteoporosis, depresi, dan anemia kronis. Hal-hal tersebut berkaitan dengan adanya respon inflamasi sistemik.
·         Eksaserbasi
Eksaserbasi dapat dipicu oleh infeksi atau polusi, sehingga terjadi amplifikasi respon imun di saluran napas.

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih