Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Saturday 10 June 2017

Olahraga malam saat Puasa

Blog Dokter Sobri
 Olahraga malam saat Puasa
Puasa bukan menjadi alasan anda untuk bermalas olahraga. Jika badan anda terlalu lemas di pagi dan siang hari sehingga tidak berenergi untuk olahraga, maka tukar rutinitas tersebut pada malam hari. Olahraga malam saat puasa dapat membantu anda melepas stress dan menjernihkan pikiran dari segala hal yang terjadi. Ada sebuah studi tahun 2011 melaporkan bahwa berolahraga kurang lebih 30 menit sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur anda lebih nyenyak.

Jika anda ingin berolahraga selama bulan puasa, ada beberapa jenis olahraga yang dapat anda lakukan di bulan puasa pada malam hari setelah menjalankan Sholat Tarawih antara lain:

1. Yoga

Yoga membuat anda untuk mengatur irama napas dengan gerakkan dan mensinkronisasikan pikiran anda. Hal tersebut yang menimbulkan perasaan damai dan bahagia.

2. Kardio Ringan

Latihan kardio sebelum tidur dapat membakar kalori dan menurunkan berat badan seperti push up, squat, atau angkat beban.

3. Latihan Kekuatan

Latihan kekuatan yang dimaksudkan adalah jenis latihan fisik dalam ketahanan untuk memicu kontraksi otot guna membangun kekuatan, ketahanan anaerobik dan ukuran otot. Ada banyak cara dalam melakukan latihan kekuatan mulai dari push up, squat, pull up hingga menggunakan beban. Lakukan dengan ritme:

  •     20 kali push up
  •     20 detik elbow plank
  •     20 detik plank menyamping ke kiri
  •     20 detik plank menyamping ke kanan
  •     20 kali squat
  •     20 kali lunge, bergantian sisi
  •     20 kali jump squat

4. Jalan Kaki

Jalan kaki juga mampu meningkatkan hormon endorfin dalam otak yang membuat diri kita merasa lebih baik. Maka tidak heran jalan kaki di malam hari sangat baik dalam menentukan kualitas tidur.

Regards
Muhammad Sobri Maulana

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih