Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Saturday 10 June 2017

9 Jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil saat puasa

Blog Dokter Sobri
9 Jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil saat puasa
 
Selama masa hamil, ibu hamil pasti mengalami perubahan metabolisme. Jika ibu hamil berpuasa, maka sebaiknya dilakukan beberapa modifikasi pola makan. Dalam mengubah pola makan sebaiknya ibu harus menghindari beberapa jenis makanan pada saat berbuka puasa dan sahur yang dapat berisiko pada kesehatan. Berikut 9 jenis makanan yang harus dihindari ibu hamil saat puasa antara lain:

1. Teh herbal

Saat berbuka puasa dan sahur, sebaiknya dihindari mengonsumsi teh herbal yang diramu dengan daun chamomile, raspberry atau rosemary. Walaupun kita semua tahu bahwa teh herbal menyehatkan namun apabila konsumsi berlebihan dapat memicu terjadinya kontraksi. Oleh karena itu, sebelum membeli teh diperhatikan secara mendetail bahan-bahan herbal.

2. Gorengan

Bulan puasa, pasti identik dengan kolak, gorengan dan sebagainya. Gorengan perlu dihindari pada ibu hamil saat berbuka puasa dan sahur. Seringlah konsumsi buah dan sayur segar.

3. Pemicu asam lambung

Terdapat beberapa jenis buah yang harus dihindari saat hamil seperti buah nanas, nangka, durian dan cempedak serta buah-buah lainnya yang dapat meningkatkan asam lambung. Peningkatan asam lambung tersebut dapat berdampak pada kehamilan ibu hamil.

4. Makanan beku

Makanan beku yang mengandung garam perlu dihindari. Pilihlah makanan beku yang organik rendah garam dan lemak.

5. Mie Instan

Mie Instan mengandung MSG didalamnya yang dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan saraf janin ketika bayi lahir

6. Junk Food

Kebanyakan junk food terbuat dari daging olahan, sayuran atau selada yang kemungkinan tidak segar dan mengandung bakteri berbahaya untuk ibu hamil.

7. Makanan mengandung zat pewarna

Makanan yang mengandung zat pewarna identik dengan makanan dalam kemasan. Perhatikan kandungan makanan zat pewarna dalam komposisi. Hindari makanan yang mengandung zat pewarna rhodamin dan metanil yellow.

8. Makanan yang tinggi gula

Makanan yang terlalu manis biasanya menjadi hidangan saat berbuka puasa. Tetapi, makanan atau minuman demikian tidak baik untuk ibu hamil. Hal tersebut perlu dihindari untuk ibu hamil dan bayi karena berisiko terjadi preeklampsia dan diabetes gestasional.

 9. Susu dan keju tanpa pasteurisasi

Ibu hamil dilarang untuk mengonsumsi susu mentah, keju lunak seperti keju brie, camembert, feta, blue cheese dan roquefort. Hindari jenis keju yang tertulis tanpa dipasteurisasi karena dapat menyebabkan infeksi bakteri yang berbahaya bagi ibu dan janin.

Regards
Muhammad Sobri Maulana

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih