Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Tuesday 20 June 2017

8 cara agar tidak dehidrasi saat puasa

Blog Dokter Sobri

 8 cara agar tidak dehidrasi saat puasa

Apabila anda kurang minum lebih dari 12 jam puasa sambil melakukan aktivitas di luar ruangan dapat berisiko mengalami dehidrasi. Meskipun, kita semua tahu bahwa saat puasa dapat terjadi dehidrasi ringan dan dehidrasi sendiri tidak membahayakan nyawa. Namun, apabila kondisi dehidrasi ringan menjadi dehidrasi berat maka akan membahayakan.

Bagaimana mencegah dehidrasi saat puasa?

Tubuh manusia terdiri atas 80% cairan sehingga mempertahankan cairan sangat penting untuk mempertahankan fungsi dan fisiologi tubuh manusia. Oleh  karena itu, Blog dokter sobri akan memberikan tips mencegah dehidrasi saat puasa.

1. Tetap minum air sesuai kebutuhan

Pada hakikatnya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda tergantung usia, pekerjaan dan hal lainnya. Akan tetapi, rata-rata orang dewasa membutuhkan setidakknya 8 gelas air mineral per hari atau setara dengan 2 liter air. Saat berpuasa, anda dapat menerapkan aturan 2-4-2 ketika berpuasa. 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka dan 2 gelas setelah tarawih atau sebelum tidur.

2. Jangan makan makanan asin saat sahur

Garam memiliki peran dalam pengaturan cairan di tubuh. Terlalu mengonsumsi garam apalagi saat sahur dapat membuat anda cepat haus di pagi hari.

3. Perbanyak cairan di malam hari menjelang sahur

Setelah sholat tarawih sangat direkomendasikan untuk memperbanyak cairan dengan menggunakan metode 2-4-2. 2 gelas setelah Sholat tarawih atau sebelum tidur.

4. Jika Anda makan banyak protein dalam menu sahur, maka perbanyak minum

Selain makanan bergaram, makanan dengan protein yang tinggi berisiko untuk kehausan di puasa. Namun, tenang saja anda dapat memakan banyak protein disertai dengan minum air yang cukup.

5. Konsumsi buah dan sayuran yang beragam

Cairan tak hanya didapatkan dari minuman saja, tapi bisa juga dari makanan. Sebenarnya 10-20% kebutuhan cairan bisa Anda dapatkan dari makanan. Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air sehingga Anda bisa kenyang sekaligus kebutuhan cairan Anda terpenuhi. Anda dapat mengandalkan buah dan sayuran untuk hal ini. Jadi, penuhi menu sahur dan buka puasa Anda dengan sayur dan buah-buahan ya.

6. Perhatikan obat-obatan yang Anda konsumsi (termasuk suplemen)

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat membuat Anda buang air kecil terus sehingga cairan selalu keluar dari tubuh Anda.

7. Utamakan minum air putih

Hindari mengonsumsi minuman yang berkafein atau memiliki kandungan gula tinggi – apalagi saat sahur. 

8. Berpikir positif

Berpikir positif dapat menjaga anda dari dehidrasi saat puasa

Regards
Muhammad Sobri Maulana

 

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih