Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 5 June 2017

9 Cara menghilangkan bau badan

Blog Dokter Sobri
 9 Cara menghilangkan bau badan
Bau badan merupakan salah satu masalah terbesar yang dihadapi banyak orang. Bau badan dapat membuat anda dijauhi dalam keseharian apakah pacar, pekerjaan, keluarga dan sebagainya. Kabarnya, ada beberapa perusahaan yang tidak menerima staf yang memiliki masalah dengan bau badan. 

Apa itu bau badan?

Bau badan merupakan bau yang tidak sedap yang dihasilkan oleh tubuh. Bau badan sendiri mulai menjadi masalah semenjak menginjak masa puber baik laki-laki maupun perempuan. Bau badan terjadi saat bakteri yang hidup dikulit merubah keringat menjadi asam. Selain bakteri, ada beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi bau badan diantaranya obesitas, konsumsi makanan pedas, genetik dan sebagainya. Bau badan sendiri muncul dari area atau predileksi yang lembab seperti area lipatan kaki, ketiak, pangkal paha, belakang telinga, pusar dan bokong.

9 Cara menghilangkan bau badan

1. Mandi teratur dan pastikan kamu benar-benar kering

Bagi anda yang malas mandi maka tidak heran kalau anda memiliki bau badan yang tidak sedap. Sebenarnya mandi sendiri tidak begitu sulit cukup mandi dengan teratur minimal 2 kali sehari. Pilih sabun yang memiliki manfaat anti bakteri dan dapat menghilangkan bakteri. Selain mandi yang teratur, mengeringkan badan benar-benar kering harus diperhatikan. Jika badan tidak benar-benar kering maka akan menyebabkan kelembaban yang membuat bakteri makin berkembang.

2. Hindari makanan yang menyebabkan bau badan

Terdapat beberapa makanan yang menyebabkan bau badan seperti makanan berlemak dan rempah-rempah. rempah yang sering diketahui kalangan masyarakat seperti bawang putih, bawang merah dan bawang bombay dapat menyebabkan bau badan. Jika kamu menghindari konsumsi berlebih terhadap makanan tersebut selama 2 minggu maka akan terasa perbedaannya.

3. Konsumsi air putih dan sayuran

Konsumsi air putih dan sayuran secara teratur dapat menghilangkan bau badan meskipun tidak signifikan tetapi seperti yang diketahui bahwa tubuh manusia terdiri hampir 90% air. Disarankan untuk konsumsi air putih 8-10 gelas per hari.

4. Cukur bulu ketiak

Bulu ketiak yang tebal dapat menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang, apalagi bulu ketiak dapat degan mudah menyerap bau dan dapat memperlambat penguapan ketiak. Cukurlah bulu ketiakmu jika sudah tebal dan panjang untuk terhindar dari iritasi.

5. Parfum

Penggunaan parfum sangat diperlukan apabila anda sendiri mengalami masalah dengan bau badan. Bau yang wangi dapat menciptakan energi positif disekeliling anda sehingga akan berdampak pada sosial anda.

6. Deodoran

Deodoran terdiri dari berbagai jenis ada yang roll-on, spray dan stick. Usahakan sedemikian mungkin untuk terhindar dari deodoran yang terbuat dari bahan aluminium karena tidak baik untuk kesehatan

7. Lemon

Lemon sendiri sangat dianjurkan dalam menghilangkan bau badan. Asam yang terkandung di lemon dapat membunuh bakteri penyebab bau badan. Iris lemon dan gosokkan dengan perlahan di ketiak anda.

8. Cuka Apel

Cuka apel sendiri menjadi bahan yang serba bisa dikarenakan dapat mengganti deodoran. Cuka apel memiliki kemampuan sebagai anti bakteri. Penggunannya terbilang gampang dengan cara celupkan kapas ke dalam mangkuk yang berisi cuka apel dan gosokkan ke ketiak kamu.

9. Baking Soda

 Baking soda menjadi salah satu cara dalam menghilangkan bau badan. Cukup campurkan dengan satu sendok makan baking soda dengan satu sendok air lemon lalu campurkan dan oleskan ke ketiak anda.

Referensi

1. Jurnal Kedokteran
2. Blog Kesehatan

Regards
Muhammad Sobri Maulana

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih