Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Sunday 1 December 2019

Definisi PPOK

Blog Dokter Sobri

Definisi PPOK

PPOK merupakan penyakit paru yang ditandai oleh hambatan aliran udara yang tidak sepenuhnya reversibel. Gangguan ini bersifat progresif dan berhubungan dengan respons inflamasi paru terhadap partikel atau gas yang beracun / berbahaya.  Selain itu, efek ekstraparu diduga berkontribusi terhadap derajat berat penyakit. Pada PPOK, karakteristik hambatan aliran udara  disebabkan oleh obstruksi saluran napas kecil (obstruksi bronkiolitis) dan kerusakan parenkim (emfisema) yang bervariasi pada setiap individu.

PPOK seringkali timbul pada usia pertengahan berkatian dengan aktivitas merokok dalam waktu yang lama. PPOK sendiri memiliki efek sistemik bermakna sebagai suatu pertanda terdapat kondisi komorbid lainnya. Dampak PPOK pada setiap individu berbeda bergantung pada derajat keluhan (khususnya sesak dan penurunan kapasitas latihan), efek sistemik dan gejala komorbid lainnya. Sebagai tambahan, hal tersebut tidak hanya dipengaruhi oleh derajat keterbatasan aliran udara.

PPOK sesungguhnya merupakan istilah yang mencakup spektrum bronkitis kornik dan emfisema. Akan tetapi, bronkitis kronik dan emfisema tidak dimasukkan definisi PPOK karena: 1) Emfisema merupakan diagnosis patologik, 2)Bronkitis kronik merupakan diagnosis klinis. Selain itu keduanya tidak selalu mencerminkan hambatan aliran udara dalam saluran napas

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih