Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Saturday 5 October 2019

Pendekatan Epistaksis dan Tatalaksana Awal

Blog Dokter Sobri

Pendekatan Epistaksis dan Tatalaksana Awal
Epistaksis adalah perdarahan yang berasal dari hidung dan nasofaring. Keadaan ini sering dijumpai dan merupakan salah satu yang sering dalam kegawatdaruratan THT. Epitaksis sering dijumpai pada 60% populasi. Meskipun keadaan ini 90% dapat berhenti spontan, pada beberapa kasus perdarahan sangat masif dan membutuhkan penanganan dokter.
Pada anak usia dibawah 2 tahun, epitaksis jarang terjadi, biasanya terjadi apabila ada trauma atau penyakit yang serius. Pada usia 2-8 tahun biasanya epitaksis disebabkan oleh epitaksis anterior. Pada orang dewasa muda apabila terjadi epitaksis berulang perlu dicurigai adanya angiofibroma. Pada orang tua epitaksis bisa menjadi fatal dan bisa disebabkan oleh epitaksis posterior.
Klasifikasi epitaksis bisa dibagi menjadi 2 yaitu epitaksis anterior dan posterior. Epitaksis anterior disebabkan dari pleksus Kiesselbach di septum anterior atau a. Etmoidalis anterior. Kerusakan terjadi biasanya karena kebiasaan menggaruk hidung. Epitaksis posterior disebabkan dari a. Etmoidalis posterior atau a. Spenopalatina. Perdarahannya biasanya hebat dan jarang berhenti sendiri. Epitaksis posterior sering ditemukan pada pasien dengan hipertensi, aterosklerosis, atau pasien dengan penyakit kardiovaskuler.
Etiologi epistaksis dapat dibagi menjadi lokal dan sistemik. Etiologi lokal paling sering disebabkan oleh kegiatan mengorek hidung dan infeksi virus. Terdapatnya tumor pada hidung dapat menimbulkan epistaksis yaitu hemangioma, karsinoma, dan angiofibroma. Etiologi sistemik yang paling sering adalah hipertensi dan aterosklerosis. Gangguan koagulasi bisa disebabkan oleh penyakit seperti hemofilia, leukemia, dsb. Dan bisa juga disebabkan karena konsumsi obat antikoagulan. Etiologi sistemik lainnya adalah penyakit keturunan

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih