Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Friday 25 May 2018

Bahayanya Tidur setelah sahur !!!

Blog Dokter Sobri

Bahayanya Tidur setelah sahur !!!

Bahayanya Tidur setelah sahur !!! - Rasa ngantuk bukanlah hal mudah, apalagi rasa kantuk yang datang, keinginan untuk tidur tersebut sebaiknya tidak boleh langsung di turuti. Sebab, setelah sahur lalu tidur sebenarnya tidak baik untuk kesehatan sehingga tidak begitu dianjurkan oleh para pakar.

Setelah sahur, otak akan mengalirkan darah ke seluruh tubuh guna untuk membantu pencernaan. Kemudian, sel darah merah (trombosit) akan membantu mencerna makanan agar zat gizi bisa didistribusikan ke seluruh tubuh. Hal inilah yang kemudian menyebabkan tubuh terasa lelah sehingga ingin rasanya tidur.

Bahaya Tidur setelah sahur
Makanan yang masuk ke dalam tubuh akan dicerna terlebih dahulu, oleh karena itu, apabila baru selesai makan dan langsung tidur maka ada kompensasi tubuh untuk melakukan pemrosesan zat gizi yang masuk dan membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna. Misalnya karbohidrat selama dua jam perlu diproses, protein selama tiga jam dan lemak selama empat jam untuk bisa dicerna dalam tubuh. Jadi, minimal dua jam setelah makan sahur anda baru bisa tidur lagi.

Jika anda langsung tidur, maka seluruh oksigen akan berpindah ke lambung yang akan menyebabkan terjadinya gangguan kinerja lambung dalam mencerna maknaan. Jumlah oksigen yang masuk di dalam otak juga akan berkurang dan makanan yang belum sempurna dicerna secara optimal akan berbalik dari lambung ke kerongkongan. Akibatnya, anda rentan mengalami gangguan pencernaan dan penyakit berupa:

1. Penimbunan lemak
Tubuh anda hanya membutuhkan sedikit energi untuk berada dalam fase tidur, hal tersebut menunjukan bahwa setelah sahur dan tidur maka anda akan lebih banyak menimbun lemak. Kondisi inilah yang membuat seseorang rentan mengalami obesitas.

2. Peningkatan Asam Lambung
Jika anda memiliki penyakit maaf, sebaiknya anda menghindari tidur setelah sahur. Hal tersebut dikarenakan selama makanan yang masuk dan belum dcerna berada dalam posisi berbaring maka akan menyebabkan terjadinya iritasi dan luka dikarenakan makanan tersebut akan berbalik dari lambung ke kerongkongan.

3. Gangguan Saluran Pencernaan
Posisi berbaring bisa menghambat proses pengosongan lambung. Jika kondisi tersebut terus terjadi, maka anda rentan untuk mengalami gangguan pencernaan seperti sakit perut, sembelit ataupun diare.

4. Stroke
Jenis stroke yang berkaitan dengan kebiasaan tidur setelah makan akan terjadi penyumbatan. Ini bisa terjadi karena tidur setelah makan dapat membuat seluruh oksigen dari otak akan berkurang.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih