Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Sunday 27 May 2018

3 Tips sahur bagi pengidap Maag

Blog Dokter Sobri

3 Tips sahur bagi pengidap Maag

3 Tips sahur bagi pengidap Maag - Penderita Maag yang menjalankan ibadah puasa tentu terkadang suka merasa khawatir akan maag yang bisa kambuh kapan saja. Manusiawi sih, pasalnya telat makan sedikit saja asam lambung bisa naik dan menimbulkan rasa perih pada perut. Namun, anda tidak perlu resah kembali. Banyak para ahli yang mengatakan bahwa puasa memiliki banyak manfaat bagi penderita Maag.

Sebelumnya, Maag atau gastritis sendiri dibagi menjadi dua jenis yaitu Maag organik dan Maaf Fungsional. Maag oranik merupakan kelainan pada lambung sehingga bagi kamu yang ingin berpuasa diharapkan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Sedangkan, maaf fungsional merupakan jenis yang dianjurkan berpuasa dikarenakan tidak mengalami kerusakan lambung namun disebabkan pola makan yang keliru dan waktu makan yang tidak teratur. Berikut 3 tips sahur bagi penderita maag:

1. Pisang
Buah yang satu ini memiliki keunggulan berupa pH yang baik untuk membantu meringkan gejala asam lambung. Namun, sayangnya manfaat pisang ini tidak berlaku di semua orang . Sebab ada juga beberapa kelomopok kecil yang justru mengalami penyakit asam lambung dikarenakan setelah konsumsi pisang.

2. Konsumsi Oatmeal
Makanan yang satu ini sangat baik bagi penderita asam lambung seperti maag dikarenakan oatmeal bisa menyerap asam lambung sehingga bisa mengurangi gejala tersebut.

3. Daging tanpa lemak
Daging tanpa lemak seperti daging sapi, ikan atau ayam yang diolah dengan cara dipanggang, dikukus ataupun di rebus. Menu jenis ini sebenarnya baik untuk penderita asam lambung. Sebaiknya jangan olah maknana tesebut dengan cara digoreng , sebab makanan yang berlemak dan berminyak tidak disarankan untuk pengidap maag.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih