Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 28 May 2018

Penyebab napas bau saat berpuasa

Blog Dokter Sobri

Penyebab napas bau saat berpuasa

Penyebab napas bau saat berpuasa - Bau mulut atau halitosis merupakan gangguan kesehatan gigi dan mulut yang sering terjadi di bulan puasa Ramadan. Meski kesannya sepele, namun bau mulut yang keluar ketika seseorang berbicara bisa membuat orang lain terganggu. Tidak hanya itu, kondisi tersebut pun dapat membuat orang yang mengalami halitosis jadi tidak percaya diri. Berikut, penyebab bau napas bau saat berpuasa.

1. Pertumbuhan bakteri

Mulut merupakan tempat tumbuhnya flora normal dikarenakan sisa-sisa makanan yang menumpuk di permukaan lidah, gusi dan diantara gigi. Nah, sisa maknana tersebut yang menjadi tempat berkumpulnya bakteri untuk berkembang biak. 

Ketika berpuasa, pasti produksi air liur akan menjadi sedikit karena enggak ada rangsangan dari makanan dan minuman yang dikonsumsi. Padahal, air liur memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut. Air liur mengandung enzim yang bisa menjadi pembersih alami mulut untuk membasmi bakteri.

2. Tidak menyikat gigi

Ada juga sebagian orang yang tidak menyikat gigi ketika bangun di pagi hari. Alasannya, karena tidak sarapan jadi mulut dan gigi tidak perlu dibersihkan. Padahal, menyikat gigi merupakan cara termudah untuk mencegah bau mulut.

3. Dehidrasi

Dehidrasi dapat menyebabkan masalah yang kompleks, mulai dari turunnya konsentrasi, kram otot, terganggunya metabolisme, kulit kering hingga menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, konsumsilah air sebanyak 1,5 - 2 liter per harinya yang terbagi menjadi delapan gelas sehari.


Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih