Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Thursday 31 May 2018

3 Tips tetap berenergi saat berpuasa

Blog Dokter Sobri

3 Tips tetap berenergi saat berpuasa

3 Tips tetap berenergi saat berpuasa - Lemas dan tidak berenergi pada hari-hari pertama puasa merupakan suatu kewajaran dikarenakan tubuh sedang beradaptasi dengan perubahan pola makan. Setelah terlewati beberapa hari, umumnya kamu tidak akan lagi merasa lemas dan lesu dikarenakan tubuh sudah bisa beradaptasi dengan pola perubahan tersebut.

Tetap berenergi saat berpuasa
Jika kamu tetap merasa lemas dan tidak berenergi setelah lama berpuasa, maka kamu perlu mencari tahu penyebabnya. Bisa jadi karena ada yang salah dengan pola makan ataupun pola hidup saat sahur dan berbuka. Yuk, intip tiga tips tetap berenergi saat berpuasa, yaitu:

1. Cukupi kebutuhan cairan

Salah satu penyebab tubuh mengalami lemas dan tidak berenergi saat berpuasa adalah dehidrasi yaitu kondisi dimana tubuh kekurangan cairan. Oleh karena itu, kamu tetap perlu dan wajib memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa dengan menerapkan pola 2-4-2 yaitu dua gelas air saat berbuka, empat gelas air saat makan malam dan dua gelas air putih saat sahur.

2. Konsumsi karbohidrat dan protein

Beberapa jurnal menyebutkan bahwa untuk meningkatkan energi, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat dikarenakan karbohidrat sendiri merupakan sumber energi utama tubuh dan protein bisa menjaga kadar gula darah tetap normal selama berpuasa.

3. Atur pola makan yang sehat

Menahan lapar saat berpuasa bukan dijadikan sebagai sebuah balas dendam saat berbuka. Meskopun berpuasa, jika saat berbuka dengan makanan yang berlebihan menandakan bahwa pola makan anda tidak sehat.

Semoga bermafaat.

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih