Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Wednesday 13 June 2018

Berat badan malah naik saat berpuasa

Blog Dokter Sobri

Berat badan malah naik saat berpuasa

Berat badan malah naik saat berpuasa - sebagian besar kaum muslim memanfaatkan puasa ataupun bulan Ramadhan untuk menurunkan berat badannya. Apabila dijalankan dengan benar, puasa akan membantu tubuh mengeluarkan racun dan membakar lemak. Meskipun sudah menjalankan puasa dengna benar yakni makan besar hanya dua kali sehari, tapi ada saja orang yang tetap mengalami berat badan yang drastis saat berpuasa. Mau tahu alasannya? Simak ulasan berikut:

1. Porsi makan lebih banyak

Saat berpuasa, makan besar hanya dilakukan dua kali, yaitu saat sahur dan berbuka. Namun, kebiasaan ini bisa menggagalkan rencana dietmu saat kamu menambahkan porsi di waktu makan tersebut. Pada dasarnya, kamu harus bisa mengendalikan nafsu makanmu saat berbuka semaksimal mungkin, jika kamu benar-benar ingin menurunkan berat badan selama bulan puasa.

2. Kelap makan

Tradisi berbuka puasa di Indonesia terbilang mubazir, siapa juga yang bisa menahan sajian bebruka puasa seperti kolak pisang, gorengan, es buah dan sebagainya. Semua cemilan ataupun sajian berbuka tersebut akan membuat individu seseorang untuk mengonsumsi makanan tersebut berlebihan. Saat berbuka, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan ringan terlebih dahulu. Lalu dilanjutkan dengna porsi besar setelah kamu menjalankan ibadah tarawih.

3. Kurang tidur

Pada bulan Ramadhan, waktu tidur berkurang karena terpotong sahur. Namun ada baiknya, kamu bisa menggantinya dengan memajukan waktu tidurmu satu atau dua jam lebih awal. Beberapa penelitian menyatakan bahwa orang yang kurang tidur memiliki risiko lebih tinggi mengalami kenaikan berat badan  lebih dibandingkan dengan mereka yang memiliki waktu tidur yang cukup.

4. Langsung tidur setelah sahur


Inilah kebiasaan yang sangat sulit dihindarkan. Padahal, tidur setelah makan sahur memiliki efek buruk bagi kesehatan tubuh. Kamu harus menghindari tidur 2 jam setelah makan sahur, sebab saluran pencernaan belum sempat mencerna makanan.

5. Kurang olahraga

Puasa memang membuat tubuh kita menjadi lebih lemas saat menjalankan aktivitas. Namun, hal tersebut bukan menjadi sebuah alasan untuk dapat beraktivitas ataupun melakukan olahraga ringan dan sedan. Dengan berolahraga kita dapat membakar lemak yang menumpuk ditubuh. 

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih