Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Thursday 21 June 2018

Lakukan ini untuk menghindari sembelit saat arus balik mudik

Blog Dokter Sobri

Lakukan ini untuk menghindari sembelit saat arus balik mudik

Lakukan ini untuk menghindari sembelit saat arus balik mudik -  Menghadapai kemacetan saat arus balik mudik memang hal yang rasanya mustahil untuk dihindarkan. Intinya sih, mau tidak mau harus berhadapan dengan kondisi tersebut. Namun, akan lain cerita apabila kemacetan ditambah dengan sembelit ataupun konstipasi yang membuat perut sakit , kram , kembung bahkan mual.

Hal tersebut diperparah saat lebaran dengan melakukan hal-hal yang tidak sehat seperti mengonsumsi berbagai makanan yang kurang sehat, kurang aktif dan jarang berolahraga bahkan kelebihan berat badan.

Sembelit sendiri merupakan kondisi yang membuat tubuh sulit untuk mengatur buang air besar secar teratur, tak bisa tuntas, atau bahkan tidak bisa sama sekali. Kondisi ini terjadi diakibatkan tinja bergerak terlalu lambat dalam sistem pencernaan sehingga membuat tinja menjadi keras dan kering.

Untungnya terdapat banyak cara untuk mengatasi sembelit. Cara yang paling sering dianjurkan tentu memperbaiki pola makan dan gaya hidup, terutama konsumsi serat lebih banyak. Berikut makanan untuk mengatasi sembelit.

Makanan untuk mengatasi sembelit

1. Buah kering

Buah kering banyak mengandung sorbitol atau ggula alkohol yang memiliki efek pencahar sehingga bisa membantu melanacrkan pencernaan yang tersumbat.

2. Kacang Hijau

Kacang hijau berbeda dengan kacang-kacangan lainnya dikarenakan memiliki serat tidak larut dan kandungan oligosakarida didalamnya yang bisa ditoleransi oleh pencernaan kamu.

3. Biji-bijian dan gandung

Kedua makanna tersebut termasuk sangat baik untuk sistem pencernaan terutama mengatasi sembelit. Serat tidak larut fungsinya untuk menjaga keteraturan kerja usus.

4. Air

Ingat guys, hampir 80% tubuh terdiri dari air , oleh karena itu kekurangan cairan pasti bisa menimbulkan berbagai pada tubuh termasuk sembelit. Tanpa air yang cukup, usus kamu akan menyerap air dari feses sehingga jadi keras dan sulit untuk mengeluarkannya.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih