Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 18 June 2018

Mengenal Microsleep yang mengintai pemudik pada arus balik

Blog Dokter Sobri

Mengenal Microsleep yang mengintai pemudik pada arus balik

Mengenal Microsleep yang mengintai pemudik pada arus balik - Salah satu tradisi atau kebiasaan yang melekat pada hari raya Idul Fitri adalah mudik. Melihat sejarahnya mudik berasal dari singkatan Mulih Disik yang berarti pulang dulu. Hal itu yang kemudian membuat mudik sangat identik dengan hari raya umat muslim tersebut. Setelah hari raya, adanya arus balik yang merupakan suatu tradisi di mana harus balik lagi merantau. 

Nyatanya tradisi mudik sudah ada dan dilakukan sejak lama serta masih dipertahankan. Selain itu, pilihan transportasi untuk mudik pun semakin beragam, Tidak hanya transportasi umum, sebagian besar memilih menggunakan kendaraan pribadi baik mobil ataupun motor. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui microsleep sebelum memulai perjalanan arus balik.

Microsleep merupakan salah satu gangguan tidur. Salah satu cirinya adalah tidur yang relatif singkat, hanya sekitar 1-30 detik. Buruknya, gangguan ini ternyata sering mengintai saat arus balik, loh! Microsleep juga bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Pasalnya orang yang mengalami microsleep, ia akan kehilangan kesadaran dan kontrol diri selama beberapa waktu. Biasanya hal yang disebabkan oleh rasa lelah ataupun mengantuk. Microsleep sering terjadi saat otak mengalami stagnan atau saat seseorang melakukan pekerjaan yang monoton atau berkendara dalam waktu yang lama.

Tanda-tanda Microsleep
1. Tidak beristirahat , sebaiknya anda saat mulai meerasa lelah segera beristirahat di rest room yang disediakan

2. Memaksakan diri untuk berkendara saat lelah, akan menignkatkan risiko microsleep

3. Kehilangan konsentrasi saat berkendara.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih