Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Wednesday 27 June 2018

5 Cara Meluangkan waktu quality time dengan anak untuk ibu yang berkarier

Blog Dokter Sobri

5 Cara Meluangkan waktu quality time dengan anak untuk ibu yang berkarier

5 Cara Meluangkan waktu quality time dengan anak untuk ibu yang berkarier - Baik ayah ataupun ibu perlu berusaha untuk selalu menjaga hubungan dekat dengan sang anak. Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan meluangkan waktu yang berkualitas atau quality time dengan sang buah hati.

Bagi Ibu yang full time di rumah, hal tersebut mungkin tidak terlalu jadi masalah. Namun, bagi ibu yang masih harus bekerja, mempunyai waktu berkualitas dengan anak seperti impian yang sulit digapai. Pasalnya, pagi-pagi saja ibu sudah harus berangkat ke kantor, belum lagi selama di kantor ibu di sibukkan dengan banyak pekerjaan dan meeting. Tiba di rumah sudah malam dan ibu sudah terlalu capek dan lelah untuk bermain dengan anak. Ibu pun seringkali dihadpkan pada pilihan antara mementingkan keluarga dan pekerjaan.

Hanya dengan meluangkan quality time dengan sang anak saja, ibu dapat mengetahui setiap tumbuh kembang anak dan anak pun akan merasa di cintai, sehingga hal ini dapat memberi dampak baik untuk kondisi mentalnya. Berikut ada beberapa tips agar ibu bisa menjaga quality time dengan anak walau sibuk bekerja.

1. Ingatlah kualitas lebih penting daripada kuantitas

Tidak perlu basa-basi untuk menargetkan waktu yang banyak untuk si buah hati, karena hal ini akan membuat ibu merasa sangat bersalah bila tidak bisa mewujudkannya. Ingatlah bahwa yang terpenting adalah kualitas bukan kuantitas. Jadi, gunakanlah waktu yang ibu punya di tengah-tengah kesibukan untk mengobrol dengan si kecil dan melakukan kegiatan positif lainnya.

2. Pintar mencuri waktu

Pintar mencuri waktu yang dimaksudkan adalah mengambil setiap kesempatan yang ada untuk berkomunikasi dengan anak. Misalnya, ibu bisa mengantarkan anak setiap pagi ke sekolah agar bisa mengobrol dengannya selama perjalanan. Selalu usahakan juga utnuk sarapan bersama dengan anak karena momen tersebut bisa menjadi salah satu quality time yang baik.

3. Tinggalkan gadget saat bersama anak

Setelah ibu pulang bekerja di malam hari, berikanlah wakut ibu sepenuhnya untuk anak. Matikan gadget, tinggalkan komputer atau laptop ibu dan nikmatilah malam hari bersama Sang buah hati. Ibu bisa menajak dia membaca buku dan sebagainya.

4. Buatlah sebuah tradisi keluarga

Menciptakan quality time dengan anak tidak selalu dengan mengajaknya liburan ke suatu tempat atau pergi ke restoran atau tempat mahal lainnya. Namun, ibu bisa membuat ataupun menciptakan sebuah tradisi keluarga yang sederhana seperti mengajak berbelanja ke pasar setiap minggu pagi, jalan-jalan bersama mengitari taman di dekat rumah dan sebagainya. Jadikanlah hal tersebut sebagai tradisi rutin yang dijalankan agar hubungan ibu dan anak tetap terjaga.

5. Gunakan bantuan untuk mengurus pekerjaan rumah tangga

Setelah pulang bekerja, masih banyak yang harus di kerjakan. Ajaklah anak untuk menjadi asisten untuk mengurus pekerjaan rumah seperti cuci piring, masak dan sebagainya.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih