Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Friday 29 June 2018

4 Fakta seputar ambeyen yang perlu diketahui

Blog Dokter Sobri

4 Fakta seputar ambeyen yang perlu diketahui

4 Fakta seputar ambeyen yang perlu diketahui - Ambeyen atau wasir atau di dunia medis di kenal dengan nama hemoroid, terjadi saat pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus mengalami pembengkakan dan peradangan. Hal tersebut menyebabkan terhambatnya aliran darah dari pembuluh balik (vena). Sayangnya, jenis penyakit ini sering di abaikan bahkan di sepelekan karena tumbuh dan berkembang di lokasi tersembunyi.

Alhasil, individu yang terlambat menyadari masalah ini akan menyebabkan pertumbuhan ambeyen yang bisa sangat mengganggu dan membuat pengidapnya sulit beraktivitas. Dampak ambeyen cukup khas seperti membuat pengidapnya kesulitan untuk duduk dengan tenang.

Ambeyen sering dialami oleh orang-orang yang mengalami kesulitan buang air besar ataupun bisa di sebut konstipasi. Selain itu, ambeyen sering identik degnan keluar darah saat mengeluarkan feses. Apakah benar? nah supaya tidak salah, yuk cari tahu faktra seputar ambeyen.

1. Makanan Pedas

Salah satu kebiasaan yang dipercaya dapat menyebabkan ambeyen adalah makan pedas. Namun, jangan khawatir. Namun, jangan khawatir hal tersebut hanya mitos belaka. Kebiasaan mengonsumsi makanan pedas memang bisa membuat seseorang mengalami sakit perut bahkan diare tapi bukan penyebab ambeyen. 

Hal ini bisa berubah menjadi ambeyen jika diare terjadi secara terus menerus dalam waktu yang lama. Untuk menghindarinya, batasi jumlah konsumsi makanan pedas. 

2. Hanya di alami orang tua?

Risiko ambeyen memang lebih tinggi pada orang yang sudah berumur, tetapi bukan berarti anak muda tidak bisa mengalmi wasir. Nyatanya, ada kebiasaan sehari-hari yang bisa memicu seseorang mengalami ambeyen di usia muda.

3. Ada 2 jenis ambeyen

Berdasarkan lokasi tumbuhnya di bagi menjadi hemoroid interna dan eksterna. Jika pembuluh darah yang meradangan berlokasi di dalam bagian bokong maka disebut sebagai ambeyen interna. Sebaliknya jika pembengkakan terjadi pada pembuluh darah yang ada di bagian luar dinamakan ambeyen eksterna.

4. Keluarnya darah berarti ambeyen?

Salah satu gejala yang khas dari ambeyen adalah perdarahan yang terjadi saat BAB, namun tidak selalu menandakan gejala tersebut ambeyen. 

Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih