Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Wednesday 30 May 2018

Penyebab anak tidur teratur bu !!!

Blog Dokter Sobri

Penyebab anak tidur teratur bu !!!

Penyebab anak tidur teratur bu !!! - Berdasarkan Journal Sleep Medicine mengungkapkan terdapat perbedaan cara mengatur pola tidur anak pada setiap negara yang membuat jam tidur anak berbeda pula. Aktivitas seperti menemani tidur, membacakan cerita, berdoa, dan membiarkan anak terlelap sendiri merupakan bagian dari ritual atau kebiasaan orangtua yang berbeda di tiap negara.

Nah, bagaimana cara mengatur sang anak supaya orang tua tidak mengalami kerepotan dalam mengatur tidur anak. Simak pembahasan di bawah.

1. Tidak dibiasakan tidur teratur

Anak tidur teratur bisa disebabkan oleh tidak dibiasakan atau tidak diciptakan suatu kebiasaan pola yang baik untuk sang buah hati. Orang tua terlalu mengikuti jam tidur anak dari melihat kapan anak capek ataupun masih melek dan dibiarkan saja sampai akhirnya terlalu larut baru dipaksa untuk tidur. Hal tersebut bisa berdampak pada kebiasaan yang akan menjadi habit untuk suatu anak. Orang tua diwajibkan menerapkan waktu tidur yang memang harus di ikuti. Sebagai contoh, jam 8 malam sudah harus cuci kaki dan sikat gigi serta naik ke tempat tidur. Dengan begitu, bisa menjadi sebuah kebiasaan baik untuk sang buah hati.

2. Manajemen waktu yang tidak baik

Mengatur tidur anak tentu berkaitan dengan bagaimana manajemen aktivitasnya dalam sehari. Apabila anak tidak mengerjakan pekerjaan rumahnya di siang atau sore hari karena terlalu asik bermain atau apapun itu, bisa jadi jam tidurnya terpakai untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Oleh karena itu, orang tua wajib mendisplinkan anak untuk mengerjakan pekerjaan rumahnya secara tepat waktu dan tidak menunda-nunda.

3. Tidak ada tidur siang

Setiap anak yang sedang dalam masa pertumbuhan membutuhkan masa tidur ataupun tidur siang yang berkualitas sebagai salah satu poin penting dalam perkembangan otak yang berkualitas. Apabila sang anak tidak mempunya kebiasaan tidur siang, bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu penyebabnya. Tidur menjadi kebutuhan wajib anak jadi disarankan untuk tidur siang juga bu.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih