Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 21 October 2019

Psikoterapi gangguan penyesuaian

Blog Dokter Sobri

Psikoterapi gangguan penyesuaian

Tatalaksana medis umum menyangkut tuberkulosis milier dan penyakit komorbidnya yaitu anemia penyakit kronis dan gizi buruk perlu ditatalaksana dengan tuntas. Hal tersebut bertujuan untuk mengembalikan pasien ke kondisi yang paling stabil dan termasuk usaha untuk menghilangkan stressor nya.
Psikoterapi merupakan pilihan utama dalam menangani kasus gangguan penyesuaian. Psikoterapi yang dapat dilakukan antara lain psikoedukasi, psikoterapi kognitif, psikoterapi suportif, dan konseling. Hal tersebut didasarkan atas hal yang menyebabkan terjadinya gangguan penyesuaian. Pasien dengan gangguan penyesuaian memiliki krisis kehidupan. Pandangan pasien terhadap krisis kehidupan tersebut dapat dipengaruhi melalui psikoterapi suportif, psikoterapi kognitif, dan psikoedukasi. Selain itu, pada pasien terdapat respons yang maladaptif terhadap krisis kehidupan yang ada. Respons yang maladaptif tersebut dapat diperbaiki dengan melakukan psikoterapi.
Dalam   psikoterapi,   tujua yang   ingi diharapka adalah   memodifikasi   atau

menghilangkan stressor yang ada, memfasilitasi adaptasi terhadap stressor, dan membantu pasien memanipulasi lingkungan bila diperlukan.

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih