Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Saturday 4 May 2019

Pengaturan sekresi kortikosteroid

Blog Dokter Sobri

Pengaturan sekresi kortikosteroid

Fungsi sekresi korteks adrenal sangat dipengaruhi oleh ACTH. Sistem saraf tidak memiliki pengaruh langsung terhadap fungsi sekresi korteks adrenal. Ini terbukti dari percobaan transplantasi kelenjar adrenal dimana fungsi sekresinya tetap normal. Akibat pengaruh ACTH, zona fasikulata korteks adrenal akan mensekresi kortisol dan kortikosteron. Bila kadar kedua hormon tersebut dalam darah meningkat, terutama kortisol, maka akan terjadi penghambatan ACTH. Keadaan tersebut tidak berlaku untuk aldosteron, yang disekresikan oleh zona glomerulosa. Peninggian kadar aldosteron dalam darah tidak menyebabkan penghambatan sekresi ACTH.
Sekersi aldosteron terutama dipengaruhi oleh sistem Renin angiotensin dalam darah. Angiotensin II merupakan oktapeptida yang dibentuk dari dekapeptida, yaitu angiotensin I (berasal dari globulin plasma). Reaksi yang terakhir dikatalisis oleh converting enzyme dalam paru-paru. Untuk perubahan ini dibutuhkan renin yang dihasilkan dalam ginjal. Pengeluaran renin ini diatur oleh tekanan perfusi ginjal dan sistem saraf yang mekanismenya belum jelas. Penghambatan sekresi renin tidak dipengaruhi oleh kadarnya dalam darah, tetapi oleh volume darah.
Adanya regulasi sekresi kortisol dan aldosteron yang terpisah dapat dilihat pada pasien edema, dimana sekresi metabolit kortisol normal, sedangkan metabolit aldosteron meningkat.


Referensi:
Suharti K dan Purwantyastuti A. Adrenokortikotropin, Adrenokortikosteroid, Analog sintetik, dan Antagonisnya dalam Farmakologi dan Terapi. Ed.5. Jakarta : Balai Penerbit FKUI. 2009. Hal : 499-513

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih