Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Sunday 26 May 2019

Karsinoma Medular

Blog Dokter Sobri

Karsinoma Medular

Karsinoma medular tiroid berasal dari neoplasma neuroendokrin dari sel parafolikulel atau sel C tiroid. Sel C normal dan sel karsinoma medularis sama-sama mengeluarkan kalsitonin. Namun ada juga kasus yang  dapat mengeluarkan hormon polipeptida seperti serotoin, ACTH, dan Vasoactive intestinal peptide (VIP).Ada beberapa jenis karsinoma medular yaitu karsinoma medular sporadis karsinoma kasus familial. Karsinoma medular sporadis mucul pada sekitar 80%  kasus. Kemudian 20% kasus adalah kasus familial yang timbul dalam kaitannya dengan sindrom neoplasia endokrin multipel (MIN) tipe 2A atau 2B atau karsinoma medular tiroid non-MIN familial. Gen protoonkogen RET berperan penting dalam pembentukan kanker familial MIN dan non-MIN. Karsinoma medular sporadik serta karsinoma non-MIN familial biasanya terjadi pada orang dewasa. Sedangkan pembentukan kanker MIN 2A atau 2B biasanya terjadi pada usia lebih muda , bahkan mungkin pada anak-anak.
Ksarsinoma medular dapat timbul sebagai nodul soliter atau lesi multipel yang mengenai kedua lobus tiroid. Pada kasus familial sering ditemukan multisentrisitas. Kemudian lesi yang lebih besar biasanya megandung daerah nekrosis dan perdarahan serta dapat meluas menembus kapsul tiroid.
Secara mikroskopis, karsinoma medular terdiri atas sel berbentuk poligonal hingga gelendong, yang membentuk sarang-sarang, trabekula, dan bahkan folikel. Pada banyak kasus, dapat ditemukan endapan amiloid aseluler, yang berasal dari moekul kalsitonin mengalami perubahan, terdapat pada stroma disekitarnya. Kalsitonin mudah ditemukan baik di dalam sitoplasma maupun di amiloid stroma dengan metode imunohistokimia.


Salah satu gambaran unik karsinoma medular adalah hiperplasia sel C multisentrik di sekitar parenkim tiroid, suatu gambaran yang biasnya ditemukan di tumor sporadik. Hal ini ditandai dengan adanya kelompok sel C yang menonjol tersebar di seluruh parenkim.

Referensi
Kumar. Abbas. Fausto. Aster. Pathologic Basic of Disease. 8ed. 2010. Philadelphia

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih