Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Thursday 16 May 2019

Efektivitas pemberian Kurma (Phoenix dactylifera) pada diabetes melitus tipe 2

Blog Dokter Sobri

Efektivitas pemberian Kurma (Phoenix dactylifera) dalam menurunkan kadar HbA1c pada pasien diabetes melitus tipe 2 : Laporan Kasus Berbasis Bukti

Efektivitas Kurma (Phoenix dactylifera) dalam Menurunkan Kadar HbA1c Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2: Laporan Kasus Berbasis Bukti  
Muhammad Sobri Maulana1, Dante Saksono Harbuwono2
1 Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
2Divisi Metabolik Endokrin Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/ Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Cipta Mangunkusumo
ABSTRAK
Latar Belakang: Diabetes Melitus Tipe atau  DM Tipe 2  merupakan penyakit metabolik yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi berat sehingga diperlukan pengendalian adekuat yang salah satu sasarannya mencakup penurunan kadar HbA1c. Sampai saat ini, pemberian terapi untuk DM Tipe 2 dari golongan obat dan suntik. Terapi herbal seperti kurma (Phoenix dactylifera) masih terbatas dan belum digunakan secara luas meskipun kurma diketahui memiliki efek antihiperglikemia.
Tujuan:  Mengetahui efektivitas Kurma (Phoenix dactylifera) dalam menurunkan kadar HbA1c pada pasien Diabetes Melitus Tipe 2.
Metode: Pencarian literature dilakukan pada empat database internet yaitu Pubmed, Scopus, EBSCO dan Cohcrane Library berdasarkan kriteria inklusi dan ekslusi. Validitas, Kepentingan dan Aplikabilitas artikel kemudiaan ditelaah lebih lanjut.
Hasil: Berdasarkan hasil telaah kritis didapatkan tujuh studi yang menunjukkan terdapat efektivitas pemberian Kurma (Phoenix dactylifera) pada pasien diabetes mellitus tipe 2 dalam menurunkan kadar HbA1c dan didapatkan hasil restriksi diet kurma yang diperlukan pada pasien diabetes mellitus tipe 2 yang terkontrol tanpa komplikasi sebanyak 3 buah kurma setiap hari yang bermakna secara statistik.
Kesimpulan: Pemberian Kurma (Phoenix dactylifera) dapat berguna sebagai terapi tambahan pada pasien Diabetes mellitus tipe 2 karena memiliki efek antihiperglikemia yang dapat menurunkan kadar HbA1c dalam darah.
Kata Kunci: Kurma, Phoenix dactylifera, diabetes mellitus tipe 2, HbA1c

Downloads
Efektivitas pemberian kurma pada pasien DM 2

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih