Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Sunday 5 May 2019

Mekanisme kerja kortikosteroid

Blog Dokter Sobri

Mekanisme kerja kortikosteroid

Kortikosteroid bekerja dengan mempengaruhi kecepatan sintesis protein. Molekul hormon memasuki sel melalui membran plasma secara difusi pasif. Hanya di jaringan target hormon ini bereaksi dengan reseptor target yang spesifik dalam sitoplasma sel dan membentuk kompleks reseptor-steroid. Kompleks ini mengalami perubahan konformasi, lalu bergerak menuju nukleus dan bergerak menuju kromatin. Ikatan ini kemudian menstimulasi transkripsi RNA dan sintesis protein spesifik. Induksi sintesis protein ini akan menghasilkan efek fisiologik steroid.
Pada beberapa jaringan, misalnya hepar, hormon steroid merangsang transkripsi dan sintesis protein spesifik; pada jaringan lain, misalnya fibroblasdan sel limfoid, kortikosteroid merangsnag sintesis protein yang sifatnya menghambat atau toksik terhadap sel-sel limfoid, hal ini menimbulkan efek katabolik.

Referensi:
Suharti K dan Purwantyastuti A. Adrenokortikotropin, Adrenokortikosteroid, Analog sintetik, dan Antagonisnya dalam Farmakologi dan Terapi. Ed.5. Jakarta : Balai Penerbit FKUI. 2009. Hal : 499-513.

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih