Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Sunday 12 May 2019

Epidemiologi Trypanosoma

Blog Dokter Sobri

Epidemiologi Trypanosoma


Kedua spesies ini ditemukan di daerah Afrika tropic, yaitu antara garis lintang Utara 15° dan garis lintang Selatan 18°. T.rhodianse terdapat dibagian timur dan T. Gambiense di bagian Tengah dan Barat.
            Penyakit yang disebabkan oleh T.rhodianse sangat jarang, tetapi penting oleh karena penyakit ini sangat berbahaya. Hospes perantaranya ialah lalat Glossina morsitans yang hidup di daerah padang rumput(Savana). Baik lalat jantan maupun lalat betina dapat menularkan penyakit ini. Pada T.rhodianse hospes reservoir penting oleh karena penularan terjadi dari hospes reservoir melalui lalat ke manusia.
            Hospes perantara untuk T. Gambiense ialah lalat Glossina palpalis yang terdapat di daerah dataran rendah dengan hutan yang lebat dan keadaan lembab. Peran hospes reservoir tidak terlalu penting oleh karena penyakit ditularkan dari manusia ke lalat, kemudian ke manusia lain. Pengawasan terhadap penyakit sulit dilakukan oleh karena penduduk Afrika pada umumnya sering berpindah tempat (nomad), bila penduduk pindah ke daerah yang tidak ada vektornya, kadang-kadang dijumpai kesulitanlain, misalnya tidak air untuk minum(jauh dari sumber air/sungai), sehingga kehidupan menjadi lebih sulit

Referensi:
1.Gandahusada S, Ilahude HD, Pribadi W. Parasitologi Kedokteran. edisi ke-3. Jakarta : Gaya Baru. 1998. Hal : 144-149
2.Gandahusada S, Ilahude HD, Pribadi W. Parasitologi Kedokteran. edisi ke-3. Jakarta : Gaya Baru. 1998. Hal : 153-161

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih