Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Wednesday 18 July 2018

Inilah 8 tips perawatan selama pakai Kawat Gigi

Blog Dokter Sobri

Inilah 8 tips perawatan selama pakai Kawat Gigi

Inilah 8 tips perawatan selama pakai Kawat Gigi - Ada pepatah yang mengatakan bahwa beauty is pain itu memang ada benarnya. Serupa dengan perawatan kawat gigi pun ada juga kesulitan yang dirasakan. Mulai dari mulut kaku, sariawan, sulit mengunyah secara halus sampai bikin malas makan. Tapi mau gak mau yah harus bertahan demi mendapatkan penampilan gigi yang rapi.

1. Sebelum memutuskan memakai kawat gigi, konsultasilah pada Dokter Gigi

Sekarang banyak sekali layanan pemasangan behel yang disediakan oleh tenaga non medis (bukan dokter gigi). Beberapa diantaranya bisa anda temui tukang gigi, namun berdasarkan prosedur pemasangan behel yang baik diwajibkan melalui radiologi kemudian dilakukan pencabutan gigi agar tersedia ruang untuk merapikan susunan gigi. Sedangkan tukang gigi dipercaya untuk pembuatan gigi palsu. Untuk merapikan gigi dengan behel, setidaknya seseorang harus mempunyai sertifikasi dan spesialisasi yang memperoleh gelar khusus sebagai dokter gigi ataupun dokter gigi spesialis orthodontis.

2. Rajinlah sikat gigi minimal dua kali sehari setelah menggunakan kawat gigi

Awal-awal menggunakan kawat gigi, anda akan merasakan rasa sakit yang tidak tertahankan. Jangankan untuk makan, untuk menggerakkan mulut saja butuh kerja keras. Tapi hal ini bukan menjadi alasan untuk tidak gosok gigi.


3. Gunakanlah sikat gigi khusus behel

Setelah menggunakan behel, tidak di pungkiri bahwa gigimu punya banyak sela-sela kecil untuk membuat makanan nyangkut. Ada beberapa sikat gigi yang bisa menjangkau sela tersebut.

4. Siapkan dental floss dan kumur-kumur setelah makan

Jika kamu sedang di luar dan tidak membawa sikat gigi. Selalu siapkan dental floss agar bisa dipakai untuk membersihkan gigi. Benang halus dental floss tidak akan menyakiti gusimu namun dapat menyusup ke sela-sela kecil.

5. Hindari makanan yang lengket dan keras

Selain lebih mudah membuat gigimu berlubang dan sakit, makanan lengket dan keras berpotensi membuat braket mu rusak dan tergeser posisinya.

6. Jika ada braket yang keras atau menusuk, segera hubungi dokter gigi anda

Pada awal penggunaan braket, biasanya banyak orang yang merasa tidak nyaman. Braket terasa mengganjal di mulut. Kalau sampai berlarut-larut dan menyuksa, segera hubungi dokter gigimu.


7. Kurangi makanan yang mengandung gula tinggi supaya gigi tidak bolong

Makanan yang memiliki kandungan gula tinggi berpotensi membuat gigimu karies ataupun berlubang. Kalau kamu tidak rajin membersihkan gigi kamu maka akan membuat lebih parah.

8. Kunjungi dokter gigi mu secara rutin

Mengunjungi dokter gigi secara rutin selama perawatan behel adalah wajib hukumnya. 


Referensi

Innes NP, Evans DJ, Stirrups DR. Sealing caries in primary molars: randomized control trial, 5-year results. J Dent Res. 2011 Dec:90(12):1405-10  DOI. 10.1177/00220304511422064 EPUB 2011 Sep 15

Semoga bermanfaat



1 comment:

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih