Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Sunday 1 July 2018

5 Kondisi yang dapat membahayakan Janin

Blog Dokter Sobri

5 Kondisi yang dapat membahayakan Janin

5 Kondisi yang dapat membahayakan Janin - Halo Bumil, berhati-hati dan selalu menjaga kesehatan selama masa kehamilan adalah kunci untuk menjaga ibu dan janin tetap aman dan selamat. Mengingat ibu hamil menjadi lebih rentan terhadap beberapa hal dan tak hanya untuk diri sendiri, dampak dari satu hal yang buruk juga akan ikut menyerang calon bayi. Nyatanya kondisi fisik dan kesehatna ibu hamil sangat berpengaruh terhadap janin yang sedang di kandung. Nah, bagi ibu hamil yuk cari tahu kondisi apa saja yang bisa meningkatkan bahaya bagi janin sehingga ibu bisa menjaga dan melindungi kandungan. Yuk simak !

1. Stress

Terlalu banyak pikiran akan berujung pada stress sehingga bisa berdampak buruk bagi tubuh. Terutama bagi seorang wanita hamil. Pasalnya merasa stress bisa meningkatkan produksi hormon tertentu dan secara langsung akan berdampak pada kesehatan janin. Stress bisa mempengaruhi kekebalan tubuh seorang ibu dan dampaknya pun akan ke janin.

2. Hipertensi

Ibu hamil sebaiknya menghindari kondisi yang dapat memicu naiknya tekanan darah tinggi atau hipertensi. Jika ibu hamil memiliki riwayat hipertensi sebaiknya konsultasi sebelum memutuskan untuk hamil. Memang tidak ada alasan spesifik yang bisa mencegah seseorang wanita untuk hamil namun ada kondisi tertentu yang membutuhkan perawatan lebih.

3. Diabetes

Diabetes memilik risiko tinggi untuk melahirkan bayi dengan bobot badan yang berlebihan. Padahal, hal ini bisa menjadi salah satu hal yang menyulitkan jalannya proses persalinan dan bisa membuat ibu harus melakukan kelahiran dengan cara operasi caesar.

4. HIV/AIDS

Penyakit ini bisa merusak sistem kekebalan dan membuat tubuh kesulitan untuk melawan infeksi atau serangan kanker. Sayangnya, ibu hamil penderita HIV/AIDS memiliki peluang yang besar untuk menularkan penyakit ini ke janin. Bahkan risiko penularan bisa berlanjut hingga proses menyusui dan persalinan.

5. Obesitas

Obesitas ataupun kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab sulitnya proses persalinanan, pasalnya ibu hamil yang mengalami obesitas akan mudah mengundang berbagai penyakit yang menyerang seperti hipertensi, diabetes hingga preeklampsia.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih