Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Tuesday 3 July 2018

8 penyebab mata kedutan

Blog Dokter Sobri

8 penyebab mata kedutan

8 penyebab mata kedutan - Kelopak mata dan mata yang berkedut itu sudah cukup umum. Kondisi ini dalam dunia kedokteran di sebut "myokymia". Myokymia sendiri adalah otot yang berkontraksi sekilas-sekilas biasanya melibatkan kelopak mata bawah salah satu mata, tapi kelopak atas juga berkedut. Kebanyakan penyebab berkedut itu akut atau datang dan pergi , tapi bisa bertahan hingga beberapa minggu bahkan bulan. Yuk, simak penyebab mata berkedut.

1. Stress

Apabila kamu sering berada di bawah tekanan setiap saat maka tubuh akan mulai bereaksi dengan cara berbeda-beda sehingga bisa menyebabkan kedutan terutama di mata.

2. Kelelahan

Kekurangan tidur ataupun insomnia baik karena stress ataua hal lain bisa menyebabkan kelopak mata mengalami kedutan. Usahakan tambahs jam tidurmu untuk bisa menjadi solusi.

3. Ketegangan pada mata

Ketegangan pada mata biasanya terjadi pada orang pengguna kacamata ataupun sering mengganti kaca mata. Bahkan masalah penglihatan sederhana bisa membuat matamu bekerja lebih berat. Hal tersebutlah akan menyebabkan kedutan pada mata.

4. Kafein

Kafein bisa meningkatkan pompa jantung berlebih sehingga bisa menyebabkan mata berkedut. Coba kurangi kopi, teh dan coklat dalam seminggu.

5. Alkohol

Kurangi dan sebisa mungkin hindari alkohol

6. Mata yang kering

Mata yang kering sering di alami oleh orang-orang yang lanjut usia. Namun, bisa terjadi pada muda-mudi ataupun individu yang kondisinya selalu menggunakan komputer, menjalani pengobatan seperti antidepresan, menggunakan lensa kontak dan sebagainya yang menyebabkan mata kering. Kalau kelopok matamu berkedut lebih dari seminggu dan matamu terasa kering, temuilah dokter mata untuk pemeriksaan.

7. Ketidakseimbangan nutrisi

Ketidakseimbangan nutrisi seperti magnesium bisa menyebabkan kejang urat pada kelopak mata. Namun, anda tidak perlu khawatir jika pola makanmu sudah mencakup hampir semua nutrisi.

8. Alergi

Orang-orang dengan alergi mata bisa menimbulkan gatal, bengkak dan mata berair. Ketika orang tersebut mengucek matanya, maka bisa berdampak pada pelepasan dari hormon histamin pada jaringan kelopak mata dan bisa menyebabkan mata berkedut.

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih