Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Friday 20 July 2018

5 alternatif yang bisa kamu lakukan untuk berhenti merokok

Blog Dokter Sobri

5 alternatif yang bisa kamu lakukan untuk berhenti merokok

5 alternatif yang bisa kamu lakukan untuk berhenti merokok - Berhenti merokok itu berat. Kalau sudah kecanduan, orang akan lebih rela untuk tidak bisa makan nasi daripada tidak merokok. Buat kamu yang pecandu, munkin kamu sudah tahu beragam efek buruk dari rokok. Mungkin juga kamu sudah banyak berupaya untuk berhenti. Mungkin juga kamu sudah banyak berupaya untuk berhenti. Alasannya bisa mulai dari kesehatan diri, berhemat dan tidak ingin keluargamu menjadi perokok pasif. Kalau usaha biasa saja tidak cukup. Yuk simak beberapa terapi alternatif ini yang dapat membantu mu!

1. Berhenti merokok dengan metode hipnosis
Hipnosis merupakan metode dengan memberikan sugesti-sugesti ke alam bawah sadar. Dalam hal ini, terapis akan mencoba masuk ke alam bawah sadarmu dan mencari tahu apa pemicu kamu merokok, bahkan bisa menjadi kamu tidak menyadarinya. Kamu akan dibuat rileks dan disugesti agar berhenti dari kebiasaan ini. Sebagai gantinya, kamu akan diberi sugesti kebiasaan-kebiasaan yang baik. Bisa mulai dari motivasimu dan sebagainya.

2. Berhenti merokok dengan teknik akupuntur
Akupuntur adalah metode pengobatan dengan menusukkan jarum ke titik-titik tertentu tubuhmu. Metode ini berasal dari Cina. Untuk pecandu rokok, titik-titik ini akan ditempatkan di kepala, telinga dan telapak kaki. Terapi ini ternyata berhasil bagi kamu ingin berhenti merokok

3. Berhenti merokok dengan meditasi untuk menenangkan tubuh dan pikiran
Sama seperti nikotin, meditasi juga bisa menghasilkan dopamin (hormon kebahagiaan) dalam otak yang bersifat menenangkan. meski terlihat membosankan, namun meditasi yang benar bisa membebaskanmu dari ketergantungan rokok.

4. Berhenti merokok dengan menggunakan laser
Teknologi laser ini bernama LLLT (Low Level Laser Therapy). Sama seperti akupuntur, laser ini ditembakkan di titik-titik khusus, seperti wajah, telinga, dan pergelangan tangan. Meski begitu, jangan khawatir karena metode ini tidak menimbulkan rasa sakit dan efek samping.

5. Berhenti merokok dengan metode Cold Turkey
Ternyata banyak yang berusaha untuk berhenti merokok dengan memilih cara merokok dengan rokok elektrik. Sementara itu, cold turkey adalah terapi alternatif dengan menghentikan konsumsi nikotin sama sekali alias nol persen. Butuh niat yang kuat untuk melakukan metode ini. 

Referensi

Becerra A, Alba L, Castillo JS, Murillo R, Canas A, Garcia P. [Alternative therapies for smoking cessation: clinical practice guidelines review]. Gac Med Mex. 2012 Sep-Oct;148(5):457-66

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih