Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Sunday 29 September 2019

Manifestasi Klinis Dermatitis Kontak Alergi

Blog Dokter Sobri

Manifestasi Klinis Dermatitis Kontak Alergi

Erupsi terjadi pada orang yang telah tersensitisasi dalam waktu 48 jam atau beberapa hari setelah kontak dengan allergen yang sama. Jika terjadi paparan yang berulang, reaksi akan semakin memberat (reaksi crescendo). Erupsi ini muncul pada area yang terpapar allergen. Pada stadium akut, lesi yang muncul berupa eritema dan edema berbatas tegas yang di atasnya terdapat papul dan/atau vesikel hingga bula. Pada reaksi berat, bula/vesikel yang konfluens pecah membentuk erosi dan krusta. Adanya papul pada DKA dikatakan dapat membedakannya dari dermatitis kontak iritan. Pada DKA akibat alergen tanaman, lesi berbentuk linear. Pada stadium subakut, terdapat plak eritematosa, bersisik kering, dan papul. Pada stadium kronik, terdapat plak dan likenifikasi, skuama dengan papul-papul satelit, eritema, ekskoriasi, atau fisur. Batas lesinya tidak tegas dan sulit dibedakan dengan dermatitis kontak iritan. Lesi kulit ini disertai gejala subjektif berupa pruritus parah dan nyeri/perih.
Lokasi DKA antara lain area-area yang sering terpapar allergen tertentu, misalnya tangan (detergen, antiseptic, bahan kimia lain yang terpegang), lengan (jam tangan, sarung tangan, deodorant pada ketiak), badan (kancing logam, detergen, pewangi/pelembut pakaian), wajah (kosmetik, allergen udara, kaca mata), telinga (gagang kaca mata, cat rambut), leher (kalung, parfum), genitalia (pembalut, kondom), tungkai (kunci, dompet). 
Gejala yang sama dapat muncul pada area tubuh lain setelah berminggu-minggu, misalnya akibat autosensitisasi. Gejala sistemik dapat terjadi setelah tersensitisasi lalu terpajan allergen yang sama secara sistemik

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih