Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Tuesday 11 June 2019

Konduktansi Darah Dalam Pembuluh Dan Hubungannya Dengan Resistensi

Blog Dokter Sobri

Konduktansi Darah Dalam Pembuluh Dan Hubungannya Dengan Resistensi 

Konduktansi merupakan ukuran aliran darah yang melalui pembuluh darah pada tekanan tertentu. Dinyatakan dengan mmHg.

Semakin tinggi resistensi di pembuluh maka konduktansi nya semakin kecil dan aliran darah semakin sedikit yang melewati pembuluh darah tersebut.
Diperkirakan bahwa semakin aliran darah yang tinggi maka diameter pembuluhpun akan besar, hal ini sejajar dengan fungsi rumus di atas.

Penyebab kenaikan konduktansi ini dijabarkan dengan penggunaan Hukum Poiseuille,

F adalah kecepatan aliran darah, ΔP adalah perbedaan tekanan pada ujung-ujung pembuluh darah, r adalah radius pembuluh, l adalah panjang pembuluh, dan ῃ adalah viskositas darah.
Bila pembuluh darah diatur secara serial, aliran darah di setiap pembuluh darah sama dan resistensi total aliran darah (Rtot). pembuluh darah arteri, arteriol, kapiler, venula, dan vena dikumpulkan secara serial.

Pembuluh darah yang bercabang sangat luas untuk membentuk sirkuit parallel yang menyuplai darah ke beberapa organ dari jaringan tubuh. Pengaturan parallel ini membuat jaringan dapat mengatur alirannya sendiri dan mengatur sendiri alirannya ke jaringan lain, serta jumlah darah pada parallel akan jauh lebih besar dibandingkan yang melalui masing-masing pembuluh darah.

Banyaknya pembuluh darah yang dialirkan melalui sirkuit parallel akan membuat aliran darah lebih mudah karena setiap pembuluh parallel memberikan jalan lain, atau konduktansi, untuk mengalirkan darah. Konduktansi total untuk mengalirkan darah merupakan penjumlahan konduktans di setiap jalur parallel.


Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih