Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Friday 21 June 2019

Komplikasi AKDR

Blog Dokter Sobri

Komplikasi AKDR


Komplikasi
Infeksi
Infeksi dapat terjadi karena alat-alat yang digunakan untuk memasukkan bahan AKDR seperti tabung penyalur, pendorong, dan AKDR tidak steril. Infeksi dapat terjadi berupa infeksi subakut ataupun menahun pada  traktus genitalius
Perforasi
Perforas dapat terjadi saat pemasangan AKDR ataupun setelah pemasangan. Awalnya, setelah AKDR dipasang hanya ujung   AKDR yang dapat menembus dinding uterus tetapi lama kelamaan dengan adanya kontraksi uterus, AKDR terdorong lebih jauh menembus dinding uterus sehingga akhirnya sampai ke rongga perut. Jika hal ini terjadi AKDR harus dikeluarkan. Pengeluaran dapat dilakukan dengan laparoskopi.
Kehamilan
Kehamilan dengan AKDR insitu tidak akan menimbulkan cacat bayi oleh karena AKDR terletak antara selaput ketuban dan dinding rahim. Angka keguguran dengan AKDR in situ cukup tinggi. Jika ditemukan kehamilan denagn AKDR in situ sedang benangnya masih kelihatan sebaiknya AKDR dikeluarkan oleh karena kemungkinan terjadinya abortus setelah AKDR itu dikeluarkan lebih kecil dari jika AKDR dibiarkan terus berada dalam rahim. 

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih