Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 10 June 2019

Hubungan antara tekanan darah, aliran darah dan resistensi darah

Blog Dokter Sobri

Hubungan antara tekanan darah, aliran darah dan resistensi darah

Aliran darah ditentukan oleh dua faktor,

1. Perbedaan tekanan darah antara kedua ujung pembuluh darah

2. Resistensi pembuluh darah

Penjelasan ini dijelaskan dengan hukum Ohm

F adalah aliran darah, ΔP adalah perbedaan gradient tekanan antara kedua ujung pembuluh, dan R adalah resistensi. Inti dari rumus ini menjelaskan bahwa aliran darah berbanding lurus dengan perbedaan tekanan dan berbanding terbalik dengan resistensi.

ALIRAN DARAH
Merupakan jumlah darah yang mengalir melalui suatu titik tertentu di sirkulasi dalam periode waktu tertentu. Dituliskan dengan milliliter per menit.

Semakin besar perbedaan tekanan pada titik awal dan ujung pembuluh darah akan meningkatkan blood flow. Secara keseluruhan aliran darah pada sirkulasi total orang dewasa dalam keadaan istirahat adalah sekitar 5000 ml/m. aliran darah ini disebut curah jantung atau Cardiac Output karena merupakan jumlah darah yang dipompa ke aorta oleh jantung setiap menitnya.

TEKANAN DARAH
Tekanan darah hampir selalu dinyatakan dalam milliliter air raksa (mmHg). Tekanan darah merupakan tekanan atau daya yang dihasilkan oleh darah terhadap setiap satuan luas dinding pembuluh darah.

RESISTENSI ALIRAN DARAH
Resistensi merupakan hambatan aliran darah dalam pembuluh, tetapi tidak dapat diukur secara langsung dengan cara apapun. Biasanya disebutkan dengan nama satuan resistensi perifer, atau PRU (peripheral Resistence Unit) dan PRT (total).

Kecepatan aliran darah yang melalui seluruh sistem sirkulasi sama dengan kecepatan pompa darah yang melalui seluruh sistem sirkulasi sama dengan kecepatan pompa darah oleh jantung yaitu, sama dengan curah jantung. Penulisan resistensi ini biasanya hanya berdasarkan kalkulasi rumus ada. 

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih