Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Friday 1 March 2019

Penatalaksanaan FAM

Blog Dokter Sobri

Penatalaksanaan FAM


Beberapa pendapat mengatakan, karena fibroadenoma merupakan tumor payudara yang jinak maka tidak perlu di eksisi dan dapat menghilang dengan sendirinya. banyak benjolan non invasive lainnya yang dapat menyerupai fibroadenoma. Sekitar 30% kasus yang terdiagnosa fibroadenoma ternyata merupakan jenis tumor non invasive lainnya saat diangkat melalui operasi.  akan tetapi, jika setelah di observasi selama lebih dari 3 tahun, 97% benjoan yang diangkat merupakan fibroadenoma. Hal ini dapat berarti tumor non invasive lainnya dapat menghilang dengan sendirinya 1 sampai 3 tahun setelah diagnosis. Sehingga jika masih ada benjolan non invasive yang masih bertahan lebih dari 3 tahun makan tindakan konservatif (eksisi) perlu dilakukan.

Penatalaksanaan yang disarankan untukpasien dengan multiple fibroadenoma adalah eksisi seluruhnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah massa membesar. Akan tetapi eksisi yang besar dapat menimbulkan skaring yang besar pada payudara pasien. Hal ini menjadi pertimbangan khususnya pada pasien usia muda. Maka dari itu, banyak dari pasien disarankan untuk menunggu sampai keadaan hormon dalam tubuhnya stabil sehingga massa dapat sedikit mengecil. Contohnya pada pasien pada masa laktasi, dapat menunggu sampai pasien untuk selesai menyusui sehingga ukuran massa dapat mengecil dan menimbulkan skar yang lebih kecil.

Referensi
Cant PJ,Madden MV, et al. Case for conservative management of selective fibroadenoma of the breast.Br J Surg. 1987; 74:857-9

Regards
Blog Dokter Sobri




No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih