Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 4 March 2019

Pemeriksaan Penunjang Fibroadenoma

Blog Dokter Sobri

Pemeriksaan penunjang Fibroadenoma

Ada beberapa pemeriksaan tambahan yang dapt digunakan untuk menunjang diagnosis dari fibroadenoma. Beberapa pemeriksaan yang sering digunakan adalah Mamography, sonography dan fine needle aspiration.
· Mammography
Pada pemeriksaan mammography , benjolan fibroadenoma terlihat sebagai nodul yang lunak, homogenus, berbatas tegas dan seringkali dengan inti yang berkalsifikasi. Pemeriksaan mammography ini cukup penting untuk membedakan fibro adenoma dan tumor infiltratif yang lain. Pemeriksaan ini juga dapat memberikan gambaran seberapa luas infiltrasi dari tumor tersebut.

· Breast Sonography
Breast sonography sangat sering digunakan untuk menegakan diagnosis dari Fibroadenoma. Pada fibroadenoma, lesi tumor akan terlihat seperti massa yang bulat atau oval dengan kontur yang halus, homogen dan intermediate acoustic attenuation. Modalitas ini sangat berguna untuk membedakan antara cystic tumor dan solid tumor. Akan tetapi, sekitar 25% dari fibroadenoma yang diperiksa menggunakan breast sonography akan terlihat mempunyai batas yang irregular, sehingga akan terdiagnosis sebagai tumor invasive.

· Fine Needle Aspiration
Pemeriksaan ini sering dipakai untuk menegakan diagnosis dari fibroadenoma. Pada pemeriksaan ini sel sel fibroadenoma akan terlihat seperti kumpluan dari sel sel spindle tanpa inflamasi ato sel lemak, sel sel yang beraggregrasi menmbentuk kumpulan seperti tanduk rusa, dan sel sel ayng uniform dengan well defined cytoplasm yang membentuk honey comb appearance.
Jika pemeriksaan ini dilakukan pada pasien yang memiliki clinical diagnosis fibroadenoma maka spesifisitas dari diagnosis dapat mencapai 76% dengan sensitivitas 86%. Akan tetapi, meskipun diagnosis FAM menggunakan fine needle aspiration dapat menimbulkan bias jika asal dari tumor tersebut merupakan tumor jinak, tetapi fine needle aspiration sangat bagus untuk membedakan antara tumor yang jinak dan tumor invasive.

Referensi
Cale Beuglet C,Soriano RZ,Kurtz AB, et al. Fibroadenoma of the breast sonomammography correlated with patoholgy in 122 patients. AJR.1983;140:369-75

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih