Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 18 March 2019

Faktor Risiko Tumor Tiroid

Blog Dokter Sobri

Faktor Risiko Tumor Tiroid

a. Paparan radiasi pada masa kanak-kanak
Paparan radiasi dapat berasal dari terapi medis, kecelakaan pembangkit listrik tenaga nuklir, maupun senjata nuklir. Terapi radiasi pada kepala atau leher pada masa kanak-kanak meningkatkan risiko kanker tiroid. Risiko meningkat seiring dengan pertambahan dosis dan usia yang lebih muda. Terapi radiasi pada limfoma, tumor Wilms, dan neuroblastoma pada anak juga meningkatkan risiko.
b. Goiter endemik
c. Diet rendah Iodium
Kejadian kanker tiroid folikulare lebih banyak terjadi pada daerah dengan asupan Iodium yang lebih rendah dalam dietnya. Pada orang yang terpapar zat radioaktif, diet rendah Iodium juga meningkatkan risiko kanker tiroid papilare.
d. Tiroiditis limfositik
e. Riwayat nodul tiroid pada pasien atau keluarga
Adanya riwayat pada keluarga derajat pertama meningkatkan risiko kanker tiroid.
f. Sindrom Cowden
Sindrom Cowden disebabkan oleh defek pada gen PTEN. Pasien dengan sindrom Cowden memiliki risiko yang lebih tinggi untuk menderita kanker tiroid, terutama tipe papilare atau folikulare.
g. Familial adenomatous polyposis (FAP)
FAP disebabkan oleh defek pada gen APC. Penderitanya memiliki risiko yang tinggi menderita polip kolon dan kanker kolon, serta peningkatan risiko kejadian kanker tiroid papilare.
h. Familial medullary thyroid carcinoma (FMTC)
FMTC dapat terjadi akibat diturunkannya gen abnormal dalam keluarga. Kombinasi FMTC dengan tumor endokrin lainnya disebut Multiple endocrine neoplasia type 2 (MEN 2).
i. Familial nonmedullary thyroid carcinoma
Kromosom yang diduga terlibat dalam kanker familial adalah kromosom 19 dan kromosom 1. Tipe kanker tiroid umumnya papilare.

Referensi:
Schrijvers D, Licitra L. Head and neck cancer. In: Cavalli F, Kaye SB, Hansen HH, Armitage JO, Piccart-Gebhart MJ, editors. Textbook of medical oncology. 4th ed. London: Informa; 2009

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih