Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 20 January 2020

Obat Anti Angina

Blog Dokter Sobri
Hasil gambar untuk obat obat
Obat Anti Angina

Angina, baik yang diakibatkan oleh obstruksi maupun mekanisme lainnya, merupakan salah satu gejala yang sangat sering ditemukan pada praktik kedokteran sehari-hari. Angina pektoris dideskripsikan umumnya oleh pasien sebagai rasa tidak nyaman pada bagian dada yang seperti tertekan hingga menimbulkan nyeri. Penting untuk dapat mengetahui dan mendiagnosis serta menatalaksana angina dengan cepat dan efektif. Oleh sebab itu pengetahuan mengenai obat-obatan yang dapat membantu dalam menatalaksana gejala angina ini.
Tujuan terapi pengobatan pada angina adalah untuk meminimalisir gejala dan juga mencegah progresi dari PJK (Penyakit Jantung Koroner) yang ada. Salah satu mekanisme obat anti-angina adalah mengurangi kerja jantung dengan cara mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan oleh miokardium, yang akan didapat dari pengurangan volume ventrikel, kontraktilitas miokardium, laju nadi, dan juga tekanan darah. Mekanisme lainnya adalah dengan meningkatkan aliran darah pembuluh koroner. Pemilihan obat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti komorbiditas, toleransi pengguna, dan juga efek samping.
Terapi pengobatan angina stabil meliputi 3 golongan utama, meliputi obat kontrol untuk mencegah terjadinya angina dengan cara mengontrol penyakit/faktor risiko pencetus angina (tidak dibahas dalam makalah ini), terapi medis untuk anti-angina itu sendiri, terbagi lagi lebih lanjut menjadi terapi lini pertama dan lini kedua, dan yang terakhir adalah terapi jangka pendek menggunakan nitrat untuk kondisi akut (pereda nyeri)

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih