Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Sunday 8 March 2020

Asam Folat

Blog Dokter Sobri
Hasil gambar untuk asam folat
Asam Folat

Bentuk-bentuk hasil reduksi dari asam folat dibutuhkan untuk reaksi biokimia yang esensial dalam tubuh, seperti untuk menyediakan prekursor bagi sintesis asam amino, purin, dan DNA. Jika seseorang mengalami defisiensi asam folat, konsekuensinya adalah terjadi malformasi kongenital (pada bayi/newborns) dan anemia megaloblastik. Asam folat  = asam pteroglutamat.
Di dalam tubuh, metabolisme asam folat menyebabkan konversi homosistein menjadi metionin, konversi serin menjadi glisin, sintesis thymidylate dan purin, metabolisme histidin, dan penggunaan atau pembentukan formate. (liat lagi gambar hubungan vitamin B12 dengan asam folat)
Sumber makanan yang mengandung asam folat antara lain: ragi, jeroan (hati, ginjal), dan sayuran hijau. Dalam sehari, kita butuh asupan 400 µg asam folat. Pada wanita hamil dan menyusui, kebutuhan ini meningkat menjadi 500-600 µg/hari. Hal ini dilakukan untuk mencegah defek neural tube pada janin. Asam folat harus adekuat sejak sebelum kehamilan sampai masa menyusui. Indikasi lain pemberian asam folat adalah pada pasien dengan kadar homosistein tinggi dalam plasma. Asam folat diabsorpsi lengkap di jejunum proksimal, disimpan dalam hati sebanyak 5-20 mg, dan diekskresi melalui urin dan feses.
Dietary folate mengandung polyglutamat N5-methyltetrahydrofolate yang harus dihidrolisis dulu menjadi monoglutamat sebelum absorpsi oleh α-1-glutamyl transferase di dalam brush border mukosa usus. Monoglutamat N5-methyltetrahydrofolate, sebagai kofaktor folat, akan ditransport ke dalam sirkulasi untuk didistribusikan ke seluruh tubuh. Di dalam sel target, N5-methyltetrahydrofolate barulah akan diubah menjadi tetrahydrofolat. Dalam proses inilah terjadi pemberian gugus metil untuk cobalamin sehingga terbentuk methylcobalamin yang mengubah homosistein menjadi methionin.
Penyebab defisiensi folat antara lain:
·         Asupan makanan yang inadekuat à intake kurang
·         Penyakit pada usus halus à absorpsi terganggu
·         Defek pada konsentrasi protein pengikat folat dalam plasma à folat tidak dapat didistribusikan ke jaringan target
·         Adanya siklus enterohepatik terhadap folat sehingga N5-methyltetrahydrofolate dibawa ke hati menjadi empedu, untuk reabsorpsi di usus halus.
·         Orang dengan kecanduan alkohol dan penyakit hati yang berat
·         Wanita hamil (dengan defisiensi asam folat sehingga janinnya ikutan defisiensi dan terjadilah NTD) dan yang mengalami anemia hemolitik
·         Sindrom malabsorpsi
·         Pasien dialisis ginjal
·         Konsumsi obat-obatan yang dapat menurunkan asam folat:
o   Methotrexate, trimethoprim dan pyrimethamine à inhibitor dihidrofolate reduktase
o   Fenitoin, obat kontrasepsi oral à mengganggu absorpsi di usus dan penyimpanan folat di jaringan

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih