Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Saturday 20 April 2019

Tatalaksana Mikrotia

Blog Dokter Sobri

Tatalaksana Mikrotia

Tatalaksana yang definitif untuk pasien mikrotia adalah rekontruksi operatif. Terdapat dua pilihan rekonstruksi operatif, yaitu Autogenous reconstruction dan Composite autogenous/alloplastic reconstruction. Pada Autogenous reconstruction, implant untuk telinga yang digunakan berasal dari kartilago pasien sendiri, sedangkan untuk Composite autogenous/alloplastic reconstruction menggunakan bahan sintetis berupa polietilen (Medpor) sebagai implant. Komplikasi berupa pajanan impla terjadi lebih sering pada pilihan kedua, yaitu sebesar 42%.
Selain itu, juga dapat digunakan rekonstruksi prostetik. Namun, rekonstruksi prostetik ini memiliki beberapa kelemahan yaitu harus dilepas dan dibersihkan setiap hari. Hal ini menyebabkan ketataatan pemakaian, terutama pada anak-anak, menjadi rendah. Selain itu, penggunaan prostetik juga dapat menimbulkan rasa ketidakpercayaan diri pada penggunanya karena mengingatkan penggguna terhadap deformitas yang dimiliknya.


Referensi:
Thorne CH. Otoplasty and ear reconstruction. In: Grabb & Smiths plastic surgery. 6th Edition. Philadelphia; Lippincoltt Williams & Wilkins: 2007. p.304-310

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih