Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Tuesday 9 July 2019

Pharyngoconjunctival fever

Blog Dokter Sobri
Pharyngoconjunctival fever


PCF disebabkan oleh adenovirus tipe 3, 4, dan 7 dan biasanya terkait dengan kegiatan seperti berenang. Adenovirus adalah virus double stranded DNA yang dapat memperbanyak diri dengan melisiskan sel inang. Virus ini memiliki protein struktural yang membantunya melekat pada reseptor sel inang lalu melakukan internalisasi. Natural killer (NK) cell, monosit, dan IFN 1 kemudian merespons invasi itu dengan memproduksi sitokin untuk mengaktivasi sistem imun adaptif dan menyebabkan inflamasi. NK cell juga berperan dalam apoptosis pada sel yang terinfeksi. Selanjutnya, terjadi aktivasi sel T dan produksi antibodi. Namun, pada kondisi tertentu, infeksi dapat terjadi secara persisten karena adenovirus memiliki kemampuan menghambat apoptosis tersebut dan memodifikasi respons terkait IFN sehingga dapat bertahan hidup intraselular.
Pada PCF terjadi manifestasi demam, faringitis, rinitis, konjungtivitis folikular, dan pembesaran nodus limfe regional yang tidak nyeri. Edema dan hiperemia diakibatkan oleh inflamasi akut dari innate immunity yang menghasilkan vasodilatasi dan kebocoran kapiler. Folikel merupakan bentuk respons imun berupa produksi limfosit dan dapat ditemui pada konjungtiva dan mukosa faring. Keratitis epitelial superfisial dan kekeruhan subepitelial dapat terjadi sementara. Sekret berupa serosa.
Untuk mendiagnosis penyakit ini, umumnya dilakukan berdasarkan klinis. Pemeriksaan penunjang yang dapat dilakukan adalah biakan pada sel HeLa dan pengukuran titer antibodi pada tes netralisasi. Kerokan pada konjungtiva biasanya berupa sel mononuklear tanpa ada bakteri. PCF bersifat self limiting dan umumnya sembuh dalam 10 hari hingga 3 minggu

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih