Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Wednesday 10 July 2019

Epidemic keratoconjunctivitis

Blog Dokter Sobri

Epidemic keratoconjunctivitis

Pada penyakit ini terjadi gejala mata merah, berair, fotofobia, sensasi seperti ada benda asing, demam, malaise, dan mialgia. Inflamasi dapat mengenai duktus nasolakrimalis sehingga terdapat keluhan mata berair yang parah. Perdarahan subkonjungtiva dapat menjadi akibat dari vaskulitis yang menyebabkan kapiler menjadi rapuh. Eksudasi serum, limfosit, fibrin disertai jaringan epitel yang nekrosis membentuk pseudomembran atau true membrane yang dapat berprogresi menjadi scar atau symblepharon.
Adenovirus dapat menginfeksi hingga kornea sehingga inflamasi sangat hebat karena dalam stroma ini terdapat fibroblas, sel dendritik, dan makrofag dalam jumlah banyak dan memfasilitasi infiltrasi leukosit ke dalamnya. Virus bereplikasi dalam kornea sehingga menyebabkan kekeruhan pada area fokal epitel dan subepitel, terutama di bagian sentral. Infeksi kemudian mengenai keratosit di stroma kornea anterior sehingga terjadi infiltrasi yang merupakan ciri khas secara histopatologisnya. Kekeruhan ini dapat bertahan beberapa minggu hingga tahunan dan menurunkan visus.
Secara umum berdasarkan perjalanan penyakitnya, EKC terbagi atas 3 fase. Fase pertama adalah fase konjungtivitis serosa akut (hiperemia, kemosis, dan lakrimasi), fase kedua adalah konjungtivits folikular akut, dan terakhir adalah konjungtivitis pseudomembran akut.
Diagnosis dapat dibantu dengan tes netralisasi, kerokan konjungtiva (dominasi sel mononuklear atau neutrofil jika pada pseudomembran). Pengobatan secara suportif, pemberian kompres dingin dan artificial tears dilakukan untuk mengurangi gejala. Antibiotik diberikan jika ada superinfeksi bakteri. Pencegahan penularan dengan cuci tangan sebelum pemeriksaan, penggunaan obat tetes mata kemasan unit dose, dan sterilisasi alat-alat.

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih