Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Thursday 11 July 2019

Keratokonjungtivitis herpes simplex

Blog Dokter Sobri

Keratokonjungtivitis herpes simplex

HSV tipe 1 biasa menginfeksi orofacial dan okular, sementara tipe 2 menyebabkan penyakit genital dan sexually transmitted disease. Infeksi HSV-1 terjadi pada area distribusi mukokutan saraf trigeminal, penyakit ini dapat bersifat asimtomatik atau bermanifestasi sebagai infeksi saluran napas nonspesifik. Virus kemudian menyebar dari epitel ke ujung saraf sensorik sekitar dan berjalan melalui akson sampai ke badan sel di ganglion trigeminal. Virus masuk ke dalam nukleus dan menjadi laten. HSV menyebar interneuronal sehingga dapat menyebabkan penyakit tanpa harus mengalami infeksi okular primer sebelumnya. Reaktivasi dapat terjadi jika sistem imun menurun.
Manifestasinya terjadi unilateral dengan sekret mukoid, fotofobia, nyeri ringan, adanya vesikel atau infiltrat pada kornea berbentuk dendritik. Dendritic keratitis ini adalah lesi bercabang pada epitel dengan bulbus-bulbus berisi virus hidup pada bagian terminalnya. Limfadenopati preauricular nyeri bila ditekan. Infeksi primer terjadi selama 2-3 minggu.
Pada pewarnaan Giemsa, terlihat giant cell, sel radang mononuklear (folikular) atau polimorfonuklear (pseudomembran). Pada pulasan Papanicolaou dan fiksasi Bouin terlihat inklusi intranuklear dari sel kornea dan konjungtiva. Giant cell, inklusi intranuklear, dan kultur virus menjadu kriteria untuk mendiagnosis keratokonjungtivitis HSV.
Antivirus diberikan jika ada infeksi kornea. Pilihan obat pada ulkus kornea adalah trifluridin tiap 2 jam atau vidarabin salep 5x/hari atau idoksuridin 0,1% 1 tetes/jam (siang) dan 1 tetes/2 jam (malam). Debridemen diikuti pemberian antivirus tadi dipertimbangkan jika ada ulkus. Pada keratitis dapat diberikan acyclovir 3% 5x/hari selama 10 hari atau acyclovir oral 400 mg 5x/hari selama 7 hari.

Regards
Kang Asu

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih