Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Saturday 23 February 2019

Diagnosis Banding Ca Mammae

Blog Dokter Sobri


Diagnosis Banding Ca Mammae


1. Fibroadenoma mammae
Merupakan tumor jinak payudara yang tumbuh lambat terjadi di usia muda (15-30 tahun). Massa yang ditemukan dapat bilateral atau multipel. Konsistensi padat kenyal, mobile, berbentuk bulat lonjong dan berbatas tegas. Tidak ada perubahan pada kulit atau nyeri. Pengobatan cukup dengan eksisi massa.

2. Kelainan fibrokistik (mammary dysplasia)
Kelainan ini biasanya bilateral dan multipel, disertai nyeri terutama menjelang menstruasi. Ukuran dapat berubah menjadi terasa lebih besar, penuh, dan terasa sakit saat menstruasi dan berkurang setelahnya. Pada pemeriksaan, tumor ini berbatas tidak tegas, kecuali soliter, konsistensinya bervariasi, bisa padat, kenyal, ataupun dapat tidak memiliki massa jelas – hanya kepadatan dengan permukaan granular. Pengobatan kondisi ini dapat dengan medikamentosa simtomatik atau operasi jika tidak membaik dengan simtomatik atau jika ditemukan di usia pertengahan hingga usia tua.

3. Sistosarkoma filoides
Massa pada kelainan ini seperti FAM yang besar (20-30 cm). Bentuknya bulat lonjong, berbenjol, berbatas tegas, konsistensi kenyal tetapi ada bagian yang seperti kista. Tidak ada perlengketan ke dasar atau kulit meskipun kulit payudara terlihat tegang, berkilat, dan terdapat pelebaran vena. Hanya sebagian kecil daril sistosarkoma adalah ganas. Tatalaksananya dengan simple mastectomy untuk mencegah residif.

4. Galaktokel
Massa kistik yang terjadi akibat sumbatan pada duktus laktiferus pada wanita seusai masa laktasi. Kista berisi air susu yang mengental, berbatas tegas, dan bulat.

5. Mastitis
Infeksi kelenjar payudara yang biasanya terdapat pada wanita saat masa laktasi. Temuannya berupa tanda-tanda radang pada payudara dan dapat menjadi abses.

Referensi
Brunicardi CF, Andersen DK, Billiar TR, Dunn DL, Hunter JG, Pollock RW. Schwartz’s principles of surgery. Edisi ke-8. McGraw-Hill; 2007

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih