Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Thursday 15 October 2020

Golongan darah mungkin terkait dengan risiko infeksi COVID-19, kemungkinan hasil yang parah

  Blog Dokter Sobri

Donor darah

Covid


Orang dengan golongan darah O mungkin lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan infeksi COVID-19, dan mereka mungkin memiliki risiko lebih rendah untuk hasil yang parah jika mereka tertular virus, menurut hasil dua penelitian yang diterbitkan dalam Blood Advances.

Penelitian sebelumnya menunjukkan beberapa faktor - termasuk usia, jenis kelamin, dan penyakit penyerta, seperti penyakit kardiovaskular - terkait dengan infeksi COVID-19. Namun, kasus yang parah tidak terbatas pada kelompok risiko ini.

Penelitian lain menunjukkan peran potensial golongan darah ABO dalam risiko infeksi.

“Golongan darah ABO semakin dikenal mempengaruhi kerentanan terhadap virus tertentu, termasuk SARS-CoV-1 dan norovirus,” tulis Torben Barington, MD, profesor kedokteran di Rumah Sakit Universitas Odense dan Universitas Denmark Selatan, dan rekannya. “Orang A, B, dan AB juga berisiko tinggi terkena trombosis dan penyakit kardiovaskular, yang merupakan komorbiditas penting di antara pasien COVID-19 yang dirawat di rumah sakit, kemungkinan dimediasi oleh glikosilasi protein yang terlibat dalam hemostasis.”

Resiko infeksi

Dalam studi kohort retrospektif, Barington dan rekan menganalisis data lebih dari 840.000 orang di Denmark yang menjalani pengujian dengan reaksi berantai polimerase untuk SARS-CoV-2 antara 27 Februari dan 30 Juli. Sebagian besar dari mereka yang diuji (56%) memiliki ABO dan Informasi golongan darah RhD.

Peneliti menggunakan data ABO dan RhD dari 2.204.742 orang yang tidak diuji SARS-CoV-2 sebagai referensi. Ini setara dengan sekitar 38% dari seluruh populasi Denmark.

Golongan darah ABO dan RhD dan hasil tes untuk SARS-CoV-2 berfungsi sebagai hasil utama. Rawat inap dan kematian karena COVID-19 berfungsi sebagai hasil sekunder.

Dari 473.654 orang yang diuji yang memiliki golongan darah yang diketahui, 7.422 orang positif SARS-CoV-2 dan 466.232 orang negatif.

Kelompok positif dan negatif memiliki proporsi yang sama dari laki-laki (32,9% vs 32%) dan usia rata-rata yang sama (52 tahun vs 50 tahun).

Hasil menunjukkan perbedaan kecil tetapi signifikan secara statistik dalam distribusi golongan darah antara mereka dengan SARS-CoV-2 dan mereka yang berada dalam populasi referensi ( P <0,001).

Di antara pasien dengan SARS-CoV-2, jauh lebih sedikit (38,4%) memiliki golongan darah O daripada golongan darah lain yang diuji ( P <0,001). Saat mengecualikan golongan darah O, peneliti mengamati tidak ada perbedaan yang signifikan antara pasien dengan golongan darah A, B dan AB. Mereka juga mengamati tidak ada perbedaan dalam kelompok RhD antara kasus positif dan populasi referensi.

Para peneliti melaporkan RR untuk tertular SARS-CoV-2 sebesar 0,87 (95% CI, 0,83-0,91) untuk golongan darah O, 1,09 (95% CI, 1,04-1,14) untuk golongan darah A, 1,06 (95% CI, 0,99- 1,14) untuk golongan darah B dan 1,15 (95% CI, 1,03-1,27) untuk golongan darah AB.

“Sangat penting untuk mempertimbangkan kelompok kontrol yang tepat karena prevalensi golongan darah dapat sangat bervariasi di berbagai kelompok etnis dan negara yang berbeda,” kata Barington dalam siaran pers. “Kami memiliki keuntungan dari kelompok kontrol yang kuat karena Denmark adalah negara kecil yang secara etnis homogen dengan sistem kesehatan publik dan pusat pencatatan untuk data lab. Jadi, kontrol kami berbasis populasi, memberikan temuan kami dasar yang kuat. "

Ventilasi mekanis

Studi sebelumnya secara in vitro telah menunjukkan antibodi anti-A - yang ditemukan pada individu dengan golongan darah O atau B - antagonis interaksi antara SARS-CoV-1 dan reseptor untuk angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2), yang diekspresikan oleh sel target host.

Karena SARS-CoV-2 juga mengikat ACE2, golongan darah ini juga dapat menjadi penentu kerentanan terhadap infeksi SARS-CoV-2, menurut para peneliti.

Mypinder S. Sekhon, MD, asisten profesor klinis di divisi pengobatan perawatan kritis dan departemen kedokteran di University of British Columbia, berusaha mengidentifikasi potensi asosiasi golongan darah dengan tingkat keparahan infeksi COVID-19 di antara 95 pasien yang sakit kritis yang dirawat di ICU antara 1 Maret dan 28 April di enam rumah sakit di wilayah Vancouver. Lima puluh tujuh pasien bergolongan darah O atau B. 38 pasien lainnya bergolongan darah A atau AB.

Proporsi pasien yang membutuhkan ventilasi mekanis disajikan sebagai hasil utama. Kemungkinan memerlukan ventilasi mekanis selama tinggal di rumah sakit menjadi hasil sekunder.

Hasil penelitian menunjukkan proporsi yang lebih besar dari pasien dengan golongan darah A atau AB membutuhkan ventilasi mekanis dibandingkan dengan golongan darah O atau B (84% vs. 61%; P = .02). Setelah menyesuaikan jenis kelamin, usia, status komorbiditas dan mengobati kematian sebagai risiko yang bersaing, peneliti menemukan pasien dengan golongan darah A atau AB memiliki kemungkinan lebih besar untuk memerlukan ventilasi mekanis (subdistribusi HR [sHR] = 1,76; 95% CI, 1,17- 2.65) atau terapi penggantian ginjal berkelanjutan (sHR disesuaikan = 3.75; 95% CI, 1.28-10.9). Mereka juga memiliki median perawatan ICU yang lebih lama dibandingkan pasien dengan golongan darah O atau B (13,5 hari vs. 9 hari; P = 0,03).

“Bagian unik dari penelitian kami adalah fokus kami pada efek keparahan golongan darah pada COVID-19,” kata Sekhon dalam siaran persnya. “Yang sangat penting karena kami terus melintasi pandemi, kami sekarang memiliki banyak orang yang selamat yang keluar dari bagian akut COVID-19, tetapi kami perlu mengeksplorasi mekanisme yang dapat digunakan untuk mengambil risiko stratifikasi mereka yang memiliki efek jangka panjang.”

Referensi:


Regards

Muhammad Sobri Maulana

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih