Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Monday 4 September 2017

Menyirih dapat meningkatkan imunitas tubuh

Blog Dokter Sobri

Menyirih dapt meningkatkan imunitas tubuh
Sirih merupakan salah satu tanaman yang khas dalam budaya indonesia timur yang biasanya dikunyah bersama kapur, gambir dan pinang. Selain digunakna sebagai pengobatan, sirih juga dijadikan kebiasaan dalam suatu acara adat. Kebiasaan menyirih sendiri di Indonesia umumnya berbeda di satu daerah dengan daerah lainnya seperti bahan utama menyirih, kebiasaan menyirih, alasan menyirih dan sebagainya.

Menyirih juga memiliki manfaat dalam kandungannya seperti daun sirih yang memiliki kandungan eugenol dan gambir yang memiliki kandungan katekin. Eugenol sendiri merupakan senyawa kimia yang terbilang banyak di sirih dengan kadar 48% dibandingkan dengan kandungan eugenol di minyak atsiri sekitar 0,4%. Eugenol sendiri banyak digunakan oleh dokter gigi sebagai antiseptik dalam pengobatan gigi. Katekin yang terdapat daam gambir juga memiliki manfaat yang dapat menangkal radikal bebas / bersifat antioksidan.

Berdasarkan berbagai penelitian, menyirih dapat dijadikan sebagai imunomodulator dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh manusia.

Regards
Muhammad Sobri Maulana

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih