Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Friday 5 June 2020

Serabut Saraf

Blog Dokter Sobri
Duniaku: NERVUS FASIALIS
Serabut Saraf

Serabut saraf yang mempersarafi sensasi suhu dan nyeri berjalan ke kaudal di traktus spinalis n. trigeminus hingga nukleus spinalis n. trigeminus.Nukleus ini meluas hingga medula spinalis servikalis, yang merupakan perluasan zona Lissauer dan substansia gelatinosa kornu posterior yang menerima serabut nyeri dan suhu dari segmen servikal atas.
Pars kaudalis nukleus spinalis n. trigeminus memiliki urutan representasi somatotropik wajah dan kepala yang terbalik, paling kaudal merupakan n. oftalmikus, diikuti n. maksilaris, kemudian mandibularis semakin rostral. Selain itu, terdapat serabut nosiseptif dari N. VII, IX, dan X pada traktus spinalis n. trigeminus, yang mempersarafi sensasi nyeri dan suhu dari telinga luar, 1/3 posterior lidah, faring, dan laring. Pars interpolaris dan pars rostralis nukleus spinalis n. trigeminus kemungkinan menerima serabut aferen yang mempersarafi sensasi raba dan tekan. Namun, anatomu fungsional area ini belum diketahui dengan pasti.
            Neuron kedua yang keluar dari nukleus spinalis n. trigeminus memproyeksikan aksonnya menyilang midline, melewati pons dan mesensefalon, naik berdekatan dengan traktus spinotalamikus lateralis hingga ke talamus dan berakhir di nukleus posteromedialis ventralis talamus. Kemudian, akson neuron ketiga berjalan naik ke genu posterior kapsula interna ke bagian kaudal girus postsentralis.
            Nukleus motorik berada di bagian lateral tegmentum pontis, yaitu di bagian medial nukleus sensorik prinsipalis n. trigeminus. Porsio minor keluar dari foramen ovale bersama n. mandibularis dan mempersarafi m. masseter, m. temporalis, m. pterigoideus lateralis dan medialis, serta m. tensor veli palatini, m. tensor timpani, m milohiodeus, dan venter anterior m. digastrikus.Jaras supranuklear ini sebagian besar akan menyilang, dan sebagian lagi tidak, sehingga gangguan unilateral tidak akan menyebabkan kelemahan yang bermakna pada otot pengunyah. Jaras supranuklear ini berasal dari neuron bagian kaudal girus presentralis

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih