Blog yang berisikan informasi seputar kesehatan dan dunia kedokteran .

Breaking

Thursday 17 January 2019

Pre analitik urinalisis

Blog Dokter Sobri

Pre analitik urinalisis

Volume urin dapat dipengaruhi oleh jumlah cairan yang masuk dan keluar tubuh, pengeluaran hormon antidiuretik, dan kebutuhan tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak zat terlarut seperti glukosa atau garam. Normalnya urin mengandung 95% air dan 5% zat terlarut. Wadah penampung urin harus bersih dan kering. Bentuk yang baik dari penampung urin berupa gelas bermulut lebar dan memiliki penutup. Urin yang sudah ditampung diberi label tentang identitas pasien, waktu pengambilan urin, dan informasi tambahan seperti nama pemeriksa. Jika hendak melakukan pemindahan urin dari satu wadah ke wadah lainnya maka sebelum dipindahkan urin dikocok terlebih dahulu agar setiap endapan ikut berpindah .
Urin yang sudah ditampung akan sangat mudah mengalami perubahan komposisi sehingga pemeriksaan urin harus dilakukan secepatnya. Urin harus diperiksa sebelum dua jam dari waktu pengumpulan urin dilakukan, jika tidak maka dapat dimasukkan ke refrigerator pada suhu 20C-8OC. Penyimpanan urin di refrigerator akan mengurangi pertumbuhan bakteri dan metabolisme dalam urin tersebut .
Dalam pemeriksaan urin, ada beberapa jenis urin yang digunakan dalam pemeriksaan sesuai dengan tujuan pemeriksaan yaitu :
a) Urin sewaktu adalah urin yang dapat dikemihkan kapan saja dan digunakan untuk pemeriksaan penyaring rutin.
b) Urin pagi adalah urin yang pertama kali dikeluarkan di pagi hari yang konsentrasinya lebih pekat. Urin pagi digunakan untuk pemeriksaan sedimen urin, berat jenis, protein, dan tes kehamilan.
c) Urin puasa (second morning after fasting) adalah urin yang dikemihkan setelah urin pagi dan setelah puasa. Urin puasa digunakan untuk memonitoring kadar glukosa urin.
d) Urin postprandial adalah urin yang dikemihkan 2 jam setelah makan.
e) Urin tampung 12 atau 24 jam adalah urin yang dikumpulkan selama 12 jam atau 24 jam menggunakan pengawet dan digunakan untuk pemeriksaan klirens.
f) Urin tampung 3 gelas biasanya digunakan untuk diagnosis kelainan prostat. Setiap gelas urin mempunyai tujuan pemeriksaan yang bebeda yaiutu gelas urin 1 untuk melihat sel dari pars anterior dan pars prostatica uretra, gelas urin 2 melihat kandung kencing, dan gelas urin 3 khusus untuk pars prostatica dan getah prostat
Menurut cara pengambilannya, sampel urin dibagi menjadi :
a. Urin kateter adalah urin steril yang diambil dengan bantuan kateter yang digunakan untuk kultur bakteri.
b. Urin pancaran tengah adalah pengambilan urin yang paling mudah dan aman. Sebelum pengambilan urin, gland penis atau labia harus dibersihkan terlebih dahulu. Urin pancaran tengah digunakan untuk pemeriksaan penyaring dan kultur bakteri.
c. Urin aspirasi suprapubik untuk diagnosis infeksi pada saluran kemih, karena urin yang diambil dengan prosedur ini adalah urin steril 

Referensi
Mundt, A. L. dan Shanahan, K.. Graff's Textbook of Routine Urinalysis and Body Fluids. Edisi 2. Philadelphia : Lippincott Williams and Wilkins. 2011.

Regards
Blog Dokter Sobri

No comments:

Post a Comment

# Silahkan berkomentar, bertanya dan kritik dengan sopan
# Disini anda boleh menyisipkan Link di kolom komentar
# Tetapi akan saya moderasi atau Review terlebih dahulu tiap komentar
# Jangan sampai komentar anda mengandung SPAM.

# Terima Kasih